Sabtu, 11 Mei 2024

Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium Cegah Timbulnya Penyakit Sendi

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ilustrasi sendi tangan yang sakit. Foto: Antara

Decsa Medika Hertanto, dokter spesialis penyakit dalam dari Universitas Airlangga (Unair) mengatakan mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi kalsium dapat mencegah timbulnya penyakit sendi.

Dia menyampaikan, masyarakat perlu menjaga asupan gizi tinggi kalsium dan makanan bergizi tinggi protein seperti ikan dan susu, kemudian hindari merokok serta kafein berlebih.

“Selain itu, aktif berolahraga seperti jogging dan angkat beban juga bisa mencegah timbulnya penyakit sendi dan pegal linu,” ujar Decsa melalui keterangannya, Kamis (27/7/2023), dilansir Antara.

Olahraga secara teratur juga dapat meningkatkan massa otot dan mengurangi risiko fraktur sebesar 40 persen.

Dia juga menambahkan, penyakit sendi bisa terjadi karena kurangnya konsumsi makanan yang tinggi kalsium atau bisa juga karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin.

Selain berolahraga dan menjaga asupan gizi, Dr. Decsa juga menyebut bahwa mengonsumsi susu kambing juga bisa mengatasi nyeri sendi dan pegal linu.

“Kita bisa memilih susu kambing untuk mengatasi nyeri sendi dan pegal linu. Karena susu kambing memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dari susu sapi,” tambahnya.(ant/fra)

Berita Terkait

Perempuan Rentan Penyakit Sendi, Kenapa?

Tofu hingga Jeruk, Penyedia Kalsium Selain Susu


..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
32o
Kurs