Minggu, 5 Mei 2024

Lima Manfaat Mengonsumsi Kelapa Menurut Pakar Nutrisi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi kelapa. Foto: Freepik

Kelapa memiliki banyak manfaat, mulai dari memasak dan membersihkan hingga membantu mengatasi rambut kusut, menghilangkan riasan, dan mengurangi peradangan kronis, lalu air kelapa kaya akan manfaat kesehatan, berkat elektrolit, antioksidan, dan vitamin C.

Antara melansir Real Simple, Sabtu (2/9/2023), menyebut berikut adalah lima manfaat kesehatan yang ditawarkan kelapa menurut Susan Hewlings dan Kelly Springer pakar kesehatan.

1. Kelapa dapat melawan peradangan

Hewlings menjelaskan bahwa kelapa, sebagai bagian dari pola makan sehat, menunjukkan aktivitas antioksidan berkat kandungan polifenolnya. Selanjutnya, Virgin Coconut Oil (VCO) dikenal sebagai sumber senyawa fenolik seperti asam caffeic, asam ferulic, dan banyak senyawa lainnya.

“Karena polifenol ini memiliki sifat antioksidan, maka dapat membantu mengimbangi radikal bebas oksidatif yang dapat menyebabkan peradangan,” jelas dia.

Hewlings menyarankan orang-orang mencari kelapa mentah dan atau minyak kelapa segar yang belum diolah untuk mendapatkan manfaat antioksidan dan antiperadangan paling banyak.

2. Kelapa bagus untuk kesehatan usus

Menurut Springer, konsumsi kelapa sangat menguntungkan bagi kesehatan usus karena tinggi seratnya, yang mendukung pertumbuhan mikrobioma dengan memberikan nutrisi bagi bakteri baik dalam usus.

“Kelapa juga relatif tinggi lemak, yang membantu tubuh Anda menyerap vitamin D, E, A, dan K yang larut dalam lemak,” ungkapnya.

Vitamin D dan K dapat memperkuat mikrobioma di usus sehingga meningkatkan ketangguhan dan pencernaan di usus.

Oleh karena itu, Springer menyarankan orang-orang mencoba menambahkan beberapa sendok kelapa parut ke oatmeal atau yogurt di pagi hari untuk memperoleh manfaat ini.

3. Kelapa membuat kulit bercahaya

Kelapa, khususnya dalam bentuk minyak kelapa, memiliki manfaat besar untuk kulit. Menurut Springer, ia sering menggunakan minyak kelapa untuk meredakan peradangan, mengurangi kemerahan, meningkatkan kelembaban kulit, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain itu, minyak kelapa kaya akan lemak, yang membantu tubuh dalam penyerapan vitamin E dan A, kedua vitamin ini dikenal sebagai antioksidan yang efektif dalam melindungi dan memulihkan kesehatan kulit.

Perlu diingat bahwa minyak kelapa memiliki sifat komedogenik, yang berarti dapat melindungi dan memulihkan kulit tetapi juga memiliki potensi untuk menyumbat pori-pori, sehingga sebaiknya dihindari penggunaannya di area wajah yang rentan terhadap jerawat.

4. Kelapa dapat meningkatkan fungsi kognitif

Hewlings memaparkan salah satu ciri utama penyakit Alzheimer adalah penurunan kemampuan otak untuk memanfaatkan glukosa sebagai bahan bakar, yang dapat muncul sekitar 10-15 tahun sebelum diagnosis.

“Ketika otak tidak dapat menggunakan glukosa (sumber bahan bakar utamanya), otak dapat menggunakan badan keton sebagai sumber bahan bakar alternatif,” jelas dia.

Minyak kelapa mengandung badan keton, sehingga minyak ini dianggap sebagai bagian dari pola makan sehat secara keseluruhan untuk memberi manfaat bagi kesehatan kognitif dengan memberi sumber energi alternatif ke otak.

5. Kelapa sumber lemak yang lebih sehat daripada mentega atau lemak daging sapi

Meskipun kelapa mengandung lemak jenuh, penelitian telah mengungkapkan bahwa kelapa mengandung asam lemak rantai sedang. Hewlings menjelaskan bahwa asam lemak ini memiliki sifat penyerapan yang berbeda dan memiliki profil lipid yang lebih diinginkan dibandingkan dengan asam lemak rantai panjang yang terdapat dalam lemak hewani seperti daging dan mentega.

“Minyak mengandung lebih dari sekadar asam lemak, termasuk nutrisi dan vitamin lain, yang mungkin juga berdampak pada risiko kardiovaskular,” beber dia.

Adapun lemak dari makanan menyediakan energi yang adalah kunci penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, menyediakan struktur sel, memberikan perlindungan bagi organ, dan masih banyak lagi. (ant/bnt/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs