Sabtu, 27 April 2024

Menaiki Lebih dari Lima Anak Tangga Sehari Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Studi menemukan bahwa menaiki lebih dari lima anak tangga setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular aterosklerotik. Foto: Pixabay

Sebenarnya tak harus berjalan 10.000 langkah sehari untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, menaiki lebih dari lima anak tangga setiap hari ternyata dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular aterosklerotik.

Untuk mencapai kesimpulan itu, peneliti menganalisis data dari 458.860 peserta dewasa di UK Biobank. Dari laman Medical Daily, peneliti menggunakan survei untuk mengumpulkan informasi tentang faktor menaiki tangga, sosiodemografi, dan gaya hidup partisipan pada awal penelitian dan setelah lima tahun. Para peserta ditindaklanjuti rata-rata selama 12,5 tahun.

Dilansir dari Antara, tim peneliti mengevaluasi hubungan antara intensitas menaiki tangga dan penyakit kardiovaskular aterosklerotik (ASCVD) dan menemukan bahwa menaiki lebih dari lima anak tangga setiap hari dapat mengurangi risiko ASCVD sebesar 20 persen.

Penyakit kardiovaskular aterosklerotik adalah suatu kondisi arteri di jantung tersumbat oleh lemak atau kolesterol atau disebut plak yang berpotensi memicu serangan jantung.

“Menaiki lebih dari lima anak tangga (sekitar 50 langkah) setiap hari dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena jenis ASCVD, terlepas dari kerentanan penyakit,” kata peneliti.

Para peneliti merekomendasikan menaiki tangga sebagai aktivitas fisik berbiaya rendah dan mudah dilakukan yang dapat dimasukkan ke dalam rutinitas sehari-hari.

“Menaiki tangga dalam waktu singkat dengan intensitas tinggi adalah cara yang efisien waktu untuk meningkatkan kebugaran kardiorespirasi dan profil lipid, terutama di antara mereka yang tidak dapat mencapai rekomendasi aktivitas fisik saat ini,” ujar peneliti Dr. Lu Qi dari Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine di Louisiana. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
33o
Kurs