Senin, 13 Mei 2024

Mirip TikTok, YouTube Music Hadirkan Fitur Feed Samples

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Fitur baru YouTube Music yaitu Feed Samples. Foto: techcrunch

YouTube Music meluncurkan sebuah fitur feed video berbentuk klip video pendek bergaya seperti TikTok yang disebut Samples.

Setiap klip dalam feed nantinya akan menunjukkan sekilas informasi tentang artis, video musik, dan nuansa lagu yang direkomendasikan kepada pengguna.

Mirip seperti TikTok, pengguna dapat menggeser klip video secara vertikal di umpan Samples untuk menemukan lagu dan video musik yang cocok dengan selera pengguna.

Brandon Bilinski direktur manajemen produk YouTube mengatakan, dirinya melihat sebuah kebiasaan baru dari pengguna, Di mana kebanyakan mereka menemukan musik melalui video berdurasi pendek.

“Salah satu wawasan terbesar yang telah kami lihat selama beberapa tahun terakhir adalah bahwa semua pengguna, terutama pengguna yang lebih muda, menemukan lebih banyak musik melalui video berdurasi pendek,” kata Bilinski dilansir Techcrunch, Rabu (16/8/2023).

Feed ini mendorong pengguna untuk lebih interaktif dengan mengklik lagu tersebut untuk nantinya menonton keseluruhan video musik.

Dengan kata lain, YouTube Music menggunakan klip video berdurasi pendek untuk mempromosikan konten video berdurasi panjang di platform ini.

Selebihnya pada fitur ini, pengguna dapat menambahkan lagu ke dalam koleksi mereka, membagikannya kepada orang lain, membuat daftar putar, mengunjungi halaman album, atau menggunakan lagu tersebut untuk membuat Short. Sekaligus membantu pengguna menemukan selera musik baru.

YouTube Music terus melakukan eksplorasi terkait fitur video pendek ini sehingga dapat dimasukkan ke dalam bagian lain dari aplikasi. Serta untuk memberikan pengalaman baru dan memudahkan pengguna menemukan tipe musik mereka. (fra/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
29o
Kurs