Sabtu, 4 Mei 2024

Panggul Menjadi Salah Satu Bagian Tubuh Paling Terdampak Osteoporosis

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi seseorang merasa sakit pada bagian tubuh belakang. Foto: Antara

Dokter Yoshi Pratama Djaja, Sp.OT (K) dokter spesialis ortopedi menyebut, secara epidemiologis panggul menjadi salah satu bagian tubuh paling terdampak osteoporosis.

Menurut dokter lulusan Universitas Indonesia (UI) tersebut, selain panggul, bagian tubuh lain yang paling sering terdampak osteoporosis adalah pergelangan tangan dan tulang belakang.

“Alasan spesifik mengapa osteoporosis berdampak utama pada ketiga bagian tubuh di atas masih belum dapat dijelaskan secara mendetail. Tetapi diduga berhubungan dengan morfologi dan fungsi ketiga bagian tersebut,” ujar Yoshi dilansir Antara pada Senin (16/10/2023).

Yoshi mengatakan, tulang panggul (hip) pada khususnya tidak hanya mendapatkan gaya kompresi (compression load) ketika menahan beban tubuh.

Tetapi juga mengalami gaya tensi (tension load) yang berakibat tingginya bone turnover atau proses resorpsi diikuti penggantian dengan tulang baru, di area panggul.

Sementara itu, osteoporosis mengakibatkan proses bone turnover berkurang atau kurang seimbang antara pembentukan dan resporpsi tulang, sehingga hal ini berdampak berat pada tulang panggul.

Kemudian, berbicara upaya menjaga kesehatan tulang panggul agar tak terkena osteoporosis hingga lanjut usia nanti, Yoshi menyarankan masyarakat rutin melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga.

Selain itu juga harus mencukupkan kebutuhan kalsium, dan vitamin D karena akan sangat membantu dalam mencegah osteoporosis.

Lalu, pada mereka yang sudah mengalami patah tulang panggul akibat osteoporosis agar kualitas hidupnya meningkat, disarankan untuk mengembalikan fungsi struktur yang patah dengan dilakukan operasi hip replacement.

Tujuan dilakukan operasi adalah supaya pasien dapat langsung mobilisasi duduk, berdiri, dan berjalan seperti sebelum mengalami fraktur tulang panggul. (ant/ath/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs