Senin, 6 Mei 2024

Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Nikah Penting untuk Wujudkan Keturunan yang Sehat

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Dyah Anggraeni (tengah) Spesialis Patologi Klinik Laboratorium Cito saat menyampaikan materi tentang kesehatan kepada calon pengantin di Surabaya, pada Sabtu (16/12/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dyah Anggraeni Spesialis Patologi menekankan pentingnya kesehatan pasangan calon pengantin sebelum melakukan pernikahan.

“Kan katanya ibarat tidak mencari kucing dalam karung, jadi kita harus mengetahui kesehatan pasangan,” ucapnya di Surabaya pada Sabtu (16/12/2023).

Cara untuk memastikan kesehatan itu dengan medical check up sebelum melakukan pernikahan sebagai upaya untuk mendeteksi penyakit yang sifatnya infeksi.

“Agar bisa terlebih dahulu dikendalikan dan bisa diobati. Jadi bisa ditangani dulu, agar ketika sudah menikah teratasi,” imbuhnya.

Ia mengatakan, upaya-upaya tersebut harus dilakukan untuk memastikan kelangsungan hidup yang berkualitas. Apalagi, ia menyebut langkah-langkah seperti itu seringkali dilupakan oleh calon pengantin.

Meskipun pemeriksaan kesehatan tersebut utamanya penting bagi calon pengantin perempuan, tetapi bagi calon pengantin pria juga harus dilakukan, yakni untuk memastikan tidak ada penyakit seperti hepatitis B atau penyakit menular kelamin dan lain sebagainya.

“Supaya bisa meningkatkan kekebalan, sehingga diharap sebelum menikah bisa mengikuti vaksinasi hepatitis B dulu,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga memberi pesan kepada para calon pengantin bahwa kebahagiaan dalam keluarga bisa diwujudkan salah satunya dengan mengutamakan kesehatan.

“Karena yang dituju dari sebuah pernikahan adalah membentuk keluarga yang akan menghasilkan keturunan-keturunan yang sehat,” tutupnya. (ris/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
24o
Kurs