Kamis, 25 Juli 2024

Pentingnya Terhidrasi dengan Air Mineral saat Lari Marathon di Cuaca Panas

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Foto Ilustrasi mengonsumsi air mineral agar tubuh terhidrasi. Foto: Pixabay Foto Ilustrasi mengonsumsi air mineral agar tubuh terhidrasi. Foto: Pixabay

Dokter (dr.) Antonius Andi, KO Medical Director Jakarta Marathon 2023 menekankan pentingnya tubuh tetap terhidrasi dengan asupan mineral yang cukup untuk mencegah masalah kesehatan saat lari marathon dalam kondisi cuaca panas.

“Ada dua hal yang sangat penting untuk menghindari masalah kesehatan ketika berlari dalam cuaca panas, yaitu hidrasi tubuh dan memenuhi kebutuhan mineral,” ujar dr. Antonius dalam keterangan pers, Kamis (26/10/2023) yang dikutip Antara.

Menurutnya, terkadang para pelari hanya fokus pada terpenuhinya cairan tubuh. Padahal, mineral yang cukup juga penting untuk menjaga performa.

Mineral yang cukup juga berperan dalam membantu mengatur suhu tubuh pelari agar tetap stabil dalam kondisi cuaca panas.

Selain itu, kandungan dalam air mineral juga sekaligus berfungsi menyalurkan oksigen ke berbagai jaringan tubuh. Apabila transfer oksigen terhambat, pelari akan mengalami pusing saat mengalami dehidrasi dan kepanasan.

Dia mengatakan air mineral terpilih harus yang memiliki mineral esensial berkualitas, dan ini ditandai dengan rasa yang lebih segar, dan enteng ketika diminum.

“Mineral berkualitas Ini sangat penting bukan hanya untuk menjaga cairan tubuh, namun juga mengembalikan mineral yang hilang selama berlari dan pada akhirnya akan berdampak baik untuk jaga kebugaran tubuh para pelari,” ujar dr. Andi. (ant/and/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs