Senin, 29 April 2024

Rekomendasi Cara Hadapi Nyamuk Menurut Pakar

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Nyamuk Aedes aegypti. Foto: Istimewa

Para pakar kesehatan punya sejumlah strategi ampuh untuk membantu seseorang mencegah munculnya nyamuk di sekitarnya.

Melansir Antara, Jumat (14/7/2023), Christopher Bazzoli dokter pengobatan darurat di Cleveland Clinic seperti disiarkan The New York Times dan Channel News Asia pada 12 Juli 2023 lalu menyebutkan beberapa produk perawatan pribadi yang harum seperti parfum tertentu dan sabun serta losion beraroma termasuk tabir surya dapat menarik nyamuk.

Jika seseorang akan menghabiskan waktu di luar ruangan saat ada nyamuk, cobalah gunakan produk yang bebas pewangi dan pertimbangkan untuk tidak menggunakan parfum.

Warna pakaian tertentu seperti hitam dan biru tua bisa menjadi daya tarik nyamuk. Hasil riset juga menunjukkan nyamuk tertarik pada warna jingga dan merah cerah.

Bazzoli menyarankan untuk memilih warna yang lebih gelap dan jika ingin ekstra hati-hati, kenakanlah baju lengan panjang dan celana panjang.

Christopher Potter profesor neurosains di Johns Hopkins University School of Medicine ikut menambahkan sejumlah penolak serangga dapat membantu mengusir nyamuk dengan cara kerja menutupi bau kulit secara efektif.

Adapun juga barang elektronik dan gawai seperti lampu khusus yang dapat membantu membersihkan nyamuk dari ruangan.

Lindy McBride profesor ekologi, evolusi biologi dan neurosains di Princeton University merekomendasikan trik sederhana. Cobalah ambil kipas angin dan arahkan ke bawah meja, karena nyamuk suka berlama-lama di dekat tanah dan menggigit kaki.

“Mereka meronta-ronta dengan angin sepoi-sepoi dan mereka bukan penerbang yang baik,” tandasnya. (ant/bnt/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs