Senin, 29 April 2024

Rekomendasi Makanan dan Minuman untuk Atasi Nyeri Haid

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi buah-buahan. Foto : Antara

Perubahan suasana hati, rasa kembung, dan kram perut sering dialami selama siklus menstruasi bulanan. Hal ini pun dianggap sebagai gejala yang umum.

Melansir Antara, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan sertakan dalam pola makan Anda agar tetap nyaman saat menstruasi.

1. Jeruk
Dalam praktik Ayurveda, buah jeruk dianjurkan karena memiliki manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, buah jeruk juga dianggap memiliki efek anti-diabetes karena dapat meningkatkan pengaturan kadar gula darah dan metabolisme. Selain itu juga bantu mencegah penumpukan racun dalam tubuh.

2. Pisang
Dengan kandungan vitamin B6 yang kaya, pisang dapat membantu meringankan perubahan suasana hati dan mengurangi kembung. Pisang juga menyediakan sumber energi yang cepat dan membantu mengatur pergerakan usus.

3. Kurma
Sebagai sumber zat besi alami, kurma dapat membantu melawan potensi hilangnya zat besi selama menstruasi. Buah kurma juga mengandung serat dan gula alami yang dapat memberikan energi berkelanjutan.

4. Kenari
Kacang kenari memiliki asam lemak omega-3 yang tinggi, kacang ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kram dan ketidaknyamanan. Serta menyediakan nutrisi penting seperti protein, serat, dan magnesium.

5. Jahe
Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan pereda nyeri yang dapat membantu meringankan kram menstruasi. Ini juga membantu pencernaan dan dapat membantu meringankan rasa mual yang dialami beberapa wanita selama menstruasi.

6. Teh Herbal
Teh herbal seperti chamomile, peppermint, atau daun raspberry dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh.

Chamomile dan peppermint dapat membantu mengendurkan otot dan mengurangi rasa sakit, sedangkan teh daun raspberry dianggap dapat mengencangkan rahim dan mendukung kesehatan reproduksi secara keseluruhan.

7. Gooseberry India atau Amla
Amla atau gooseberry India kaya akan vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan penyerapan zat besi dari sumber nabati. (ant/dvn/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs