Selasa, 23 April 2024

Rutin Makan Ikan Bisa Cegah Penyakit Jantung dan Anemia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
olahan ikan sardines. Foto : Pixabay

Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS Guru Besar Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor IPB) menyebut, mengonsumsi 100 gram ikan setiap hari atau minimal empat kali sepekan, dapat mencegah berbagai penyakit, termasukjantung koroner hingga anemia.

“Bukan ikan asin, ikan teri, bukan satu potong kecil, tetapi, penelitian menunjukkan jumlahnya minimal 100 gram sehari. Minimal empat hari atau kali dalam satu minggu. Kalau bisa setiap hari lebih baik lagi,” kata Hardinsyah dilansir dari Antara pada Kamis (19/10/2023).

Menurutnya, rutin mengonsumsi ikan bisa mengurangi risiko meninggal dunia akibat penyakit jantung koroner (PJK) yang saat ini jadi pembunuh nomor satu di Indonesia.

Hardinsyah menyebutkan ikan mengandung belasan nutrisi seperti protein, lemak baik seperti omega-3, DHA, vitamin D untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

Selain itu juga mineral, kalsium, zat besi dan zink, kemudian vitamin B12 dan B9 dibutuhkan tubuh terutama pada wanita hamil demi mencegah anemia dan semua itu ada di dalam ikan.

“Di Indonesia hampir separuh ibu hamil mengalami kekurangan darah atau anemia. Anemia itu bisa dicegah kalau cukup protein, cukup konsumsi vitamin B12, B9, zat besi, juga ada di ikan,” tutur Hardinsyah.

Anemia sendiri bisa menyebabkan sejumlah masalah pada seseorang mulai dari membuatnya kesulitan berkonsentrasi, menangkap pesan, tubuh lesu, lemah, letih dan lunglai.

Selain itu, berbagai penelitian membuktikan konsumsi ikan yang cukup oleh ibu hamil berpengaruh pada pencegahan stunting pada bayi, hingga berdampak positif pada pertumbuhan dan perkembangan saraf otak janin dan anak.

“Kebiasaan konsumsi ikan yang cukup sejak dini turut membantu menciptakan generasi yang sehat dan cerdas,” kata Hardinsyah. (ant/mel/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
28o
Kurs