Senin, 29 April 2024

Sam Altman Kembali Menjadi CEO OpenAI setelah Sempat Dipecat

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
OpenAI sempat memecat Sam Altman sebagai CEO. Pemecatan ini mengejutkan karena Altman adalah tokoh sentral dalam revolusi AI. Foto: Reuters

Sam Altman kembali menjadi CEO OpenAI beberapa hari setelah dipecat oleh dewan perusahaan. Sebagai gantinya, perusahaan pembuat ChatGPT itu merombak komposisi dewan perusahaan yang baru.

Dilansir dari Antara, OpenAI juga memperkenalkan dewan baru dengan Bret Taylor mantan co-CEO Salesforce sebagai ketua dan Larry Summers mantan Menteri Keuangan AS, serta Adam D’Angelo sebagai direktur. D’Angelo adalah bagian dari dewan yang memberhentikan Altman.

Kembalinya Sam Altman berpotensi membuka era baru bagi startup yang telah lama berhadapan dengan kekhwatiran mengenai bahaya kecerdasan buatan dan potensinya untuk dikomersialisasikan tersebut.

“Saya berharap dapat kembali ke OpenAI,” tulis Sam Altman di platform media sosial X (Twitter), Selasa (21/11/2023) malam.

Dewan tidak memberikan penjelasan rinci atas pemecatan Sam Altman pada hari Jumat (17/11/2023), selain kurangnya keterbukaan dan kebutuhan mereka untuk membela misi OpenAI untuk mengembangkan kecerdasan buatan yang bermanfaat bagi umat manusia.

Analis mengatakan, perombakan itu akan menguntungkan Altman dan Microsoft, yang telah berjanji miliaran dolar untuk startup itu dan menyebarluaskan teknologinya ke pelanggannya secara global.

“Masih ada pertanyaan besar mengenai mengapa Altman dipecat dan mengapa Microsoft tidak diberi tahu tentang keputusan tersebut,” ujar Danni Hewson Kepala Analisis Keuangan AJ Bell.

“Yang jelas adalah bahwa Microsoft sekarang akan memainkan peran yang jauh lebih besar, bahwa kemitraan ini akan menjadi lebih kuat, dan kedua perusahaan ini akan lebih terintegrasi,” lanjutnya.

“Kami percaya ini adalah langkah penting pertama menuju tata kelola yang lebih stabil, berpengetahuan, dan efektif,” kata Nadella CEO Microsoft menyambut perubahan di aplikasi X.

Pemulihan dramatis Altman di OpenAI dibandingkan dengan sejarah lainnya di Silicon Valley, yaitu mendiang Steve Jobs, CEO Apple yang meninggalkan perusahaan komputer itu pada tahun 1985 hanya untuk kembali 12 tahun kemudian. Altman mengambil kembali jabatan CEO setelah empat hari. (ant/ath/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs