Senin, 29 April 2024

Selebriti Dunia Terlihat Elegan Memakai Perhiasan Produksi Surabaya

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Mariah Carey diva internasional memakai perhiasan UBS Gold produksi Surabaya. Foto: dok UBS Gold

UBS Gold berhasil melambungkan industri perhiasan lokal di kancah internasional karena dipakai sejumlah penyanyi kondang seperti Mariah Carey, Carrie Underwood, sosialita Paris Hilton, dan Bella Poarch seleb TikTok yang punya 92,7 juta pengikut.

Ternyata, perhiasan emas yang dipakai sejumlah selebritis dunia tersebut diproduksi di Kenjeran, Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur.

Carrie Underwood diketahui memakai perhiasan produksi UBS Gold saat tampil di panggung Academy of Country Music Awards 2020.

Pemenang American Idol 2005 itu juga memakai aksesoris emas yang terlihat glamor dari UBS Gold saat merilis album bertajuk ‘My Gift’, saat perayaan Natal dengan diiringi orkestra dan paduan suara.

Penampilannya makin memukau dengan anting berwarna yellow gold dan white gold dengan motif bunga.

Mariah Carey diva dunia juga terlihat menggunakan anting emas dari UBS Gold saat menghadiri acara Good Morning America yang ditayangkan jaringan televisi ABC di Amerika Serikat.

“Keberhasilan UBS Gold menembus pasar selebritis di Amerika Serikat adalah bagian dari komitmen dan kerja keras dalam menjalankan strategi bisnis yang serius. Hal ini memotivasi kami untuk terus berinovasi dan memaksimalkan customer experience lewat penggunaan produk perhiasan emas,” kata Aucy Chandra Juru Bicara UBS Gold, Jumat (28/7/2023).

Menurut Aucy, tidak mudah bagi UBS Gold menembus pasar Amerika Serikat. Pada saat pandemi Covid-19 di awal tahun 2021, terjadi peningkatan minat warga Amerika Serikat terhadap perhiasan emas.

Momentum itu dimanfaatkan UBS untuk melakukan berbagai inovasi produk perhiasan emas yang didominasi model rantai atau gold chain untuk kalung dan gelang.

“Untuk model rantai, orang-orang Amerika menyukai yang ukuran besar dan terlihat glamor atau blink-blink. Produk kami memang sudah diterima para selebritis Amerika, termasuk para rapper yang mayoritas adalah pria. Intinya, kami menyesuaikan dengan selera pasar,” jelas Aucy.

Keberhasilan UBS Gold menembus pasar internasional sudah dimulai sejak didirikan pada tahun 1991.

“Pendiri UBS pernah bekerja sebagai penjaga toko emas yang kemudian belajar memproduksi perhiasan emas sendiri,” ungkap Aucy.

Awalnya pendiri UBS membuat produksi perhiasan emas di Bangil sebelum memboyong beberapa pengrajin ke Surabaya, Jawa Timur.

Sekarang, UBS berkembang pesat dan mempekerjakan lebih dari 3.700 karyawan.

Aucy menambahkan, pendiri UBS adalah pelopor penggunaan teknik casting atau cor-coran dalam pembuatan perhiasan emas di Indonesia.

“Teknik casting itu dipelajari di Taiwan. Jadi, casting itu teknik cetak menggunakan lilin. Hasilnya adalah perhiasan emas seperti cincin yang tidak ada patriannya (sambungan). (Teknik) Itu yang pertama di Indonesia,” paparnya.

UBS Gold kemudian merambah penjualan perhiasan emas yang diproduksi ke luar negeri. Dalam prosesnya, banyak tantangan yang harus dilalui, seperti keluhan terkait warna emas yang dianggap kurang bagus atau kurang berkilau serta kualitas perhiasan yang masih dianggap kurang.

Ada cerita menarik saat proses negosiasi ekspor ke luar negeri UBS Gold cukup sulit. Aucy mengungkapkan keheranannya ketika UBS Gold sudah membuat produk sesuai dengan pesanan dan arahan pembeli tapi masih tetap dipandang sebelah mata.

“Setelah kami tanya, mereka menjelaskan bahwa perhiasan produk Italia masih dianggap terbaik. Sulitnya, Indonesia selalu dipandang rendah dibandingkan dengan negara maju. Itu perjuangan kami melakukan banyak inovasi dan perbaikan. Sehingga, sekarang kami sudah diakui dan disejajarkan dengan Italia. Sekarang jarang sekali kami dikomplain secara kualitas. Beberapa produk kami malah memiliki kualitas lebih baik.” katanya.

Setelah melalui berbagai perbaikan dan peningkatan mutu, produk perhiasan UBS saat ini diterima di 35 negara di dunia.

UBS Gold juga berkolaborasi dengan sejumlah artis dan desainer di berbagai acara seperti Jakarta Fashion Week (JFW), Tokyo Fashion Week, serta beberapa acara di Amerika Serikat. Kemudian, bekerja sama dengan brand terkenal seperti Disney dan Sanrio.

“Konsumen dalam dan luar negeri dapat menerima produk-produk kami karena keberagaman desain, kualitas dan kadar emas UBS selalu tepat. Kepercayaan adalah kata yang menjadi komitmen kami dalam menjalankan usaha,” pungkasnya. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs