Selasa, 27 Februari 2024

Simak Manfaat Cuka Sari Apel bagi Kesehatan Rambut

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi cuka sari Apel. Foto: Pixabay Ilustrasi cuka sari Apel. Foto: Pixabay

Selain bermanfaat bagi pencernaan, cuka sari apel ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan dan keindahan rambut.

Melansir dari Antara pada Minggu (10/12/2023), perawatan rambut yang bersifat topikal ini dapat digunakan sebagai pengganti shampoo, kondisioner, dan bilasan, yang semuanya berfungsi untuk memperbaiki kondisi rambut secara keseluruhan.

Adam Federico hairstylist dan Wakil Presiden Pendidikan Teknis R+Co juga sependapat dengan hal tersebut.

“Cuka sari apel sangat baik dalam banyak hal. Ini membuat rambut tampak sehat dan berkilau, dan mengembalikan keseimbangan pada kulit kepala yang teriritasi,” kata Federico.

Dawn Bacchi ahli trikologi dan penata rambut utama menyarankan untuk tetap mempertimbangkan pemakaian cuka sari apel untuk perawatan rambut, terlebih jika anda memiliki rambut atau kulit kepala yang kering.

Sementara itu, Marisa Garshick, MD, FAAD dokter kulit bersertifikat  setuju bahwa hal itu dapat menyebabkan iritasi bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

“Penting untuk menghindari penggunaan berlebihan untuk meminimalkan potensi iritasi, dan sebaiknya hindari penggunaan jika ada luka terbuka atau luka,” jelasnya.

Clyde Haygood penata rambut selebriti mengatakan Apple cider vinegar (ACV) memiliki banyak manfaat. Tidak hanya membersihkan rambut untuk menghilangkan sisa produk yang menumpuk di helaian rambut kita, tetapi juga membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala karena memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur.

Adam Bennett ahli trikologi bersertifikat menyebut, cuka sari apel juga dapat menjaga keseimbangan pH kulit kepala dan dapat membantu mengencangkan kulit kepala, dengan kata lain, membantu menjaga pH kulit kepala yang tepat.

“Sifat penjernihan ACV membersihkan rambut dengan lembut, membersihkan residu dari produk penataan rambut dan polutan lingkungan,” tutur Bennett.

Selain itu, ACV melakukannya tanpa mengeringkan rambut atau kulit Anda. ACV dapat menghilangkan penumpukan tanpa menghilangkan minyak alami pada rambut, yang dapat mencegah produk pelembab menembus batang rambut.

Hal tersebut karena ACV memiliki manfaat anti inflamasi, maka cuka dari apel ini dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan sekaligus membantu mengurangi rasa gatal. Cuka sari Apeljuga dapat mengurangi masalah ketombe, mengembalikan kilau pada rambut kusam, meningkatkan volume rambut dan menghaluskan rambut.

Cara terbaik adalah dengan cara menyabuni dan memijat rambut basah selama kurang lebih 2 menit. Ini akan membuat bahan-bahannya benar-benar meresap lalu dibilas hingga bersih. (ant/feb/saf/iss)

Berita Terkait

Rambut Anda Rontok? Atasi dengan Minyak Rosemary

Jenis Rambut yang Cocok untuk Metode Dry Haircut


Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Selasa, 27 Februari 2024
25o
Kurs