Sabtu, 27 April 2024

Studi Ungkap Berjalan Sebanyak 4.000 Langkah Bermanfaat Bagi Kesehatan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi orang sedang berjalan. Foto: Freepik

Peneliti ungkap berjalan kaki kurang dari 4.000 langkah setiap hari mungkin cukup untuk menurunkan risiko kematian dini, jauh lebih sedikit daripada 10.000 langkah yang diyakini banyak orang sebagai jumlah optimal untuk kesehatan.

Melansir Health.com, Sabtu (12/8/2023), laporan ini berasal dari sebuah meta-analisis baru yang diterbitkan di European Journal of Preventive Cardiology, penelitian terbesar di dunia yang menunjukkan pentingnya jumlah langkah harian.

Namun, para peneliti menemukan bahwa 3.967 langkah setiap hari sudah cukup untuk mulai mengurangi risiko kematian dini dari semua penyebab.

Adapun batas minimum langkah yang harus dipenuhi, yakni 2.337 langkah setiap hari untuk mulai menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

“Semakin banyak Anda berjalan kaki, semakin baik,” kata penulis utama studi ini, Maciej Banach Profesor Kardiologi di Medical University of Lodz di Polandia.

Tidak berhenti sampai di situ-dengan setiap tambahan 500 hingga 1.000 langkah setiap hari, penelitian menunjukkan bahwa orang dapat terus mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular atau penyebab lainnya.

Meski begitu, para ilmuwan mengaku bahwa mereka belum mengidentifikasi batas atas dari manfaat berjalan kaki, bahkan dengan 20.000 langkah per hari, manfaat kesehatannya terus meningkat.

Di sisi lain, Eric Brandt ahli jantung dan ahli lipidologi di Pusat Kardiovaskular Frankel Universitas Michigan menyebut sebenarnya tidak ada target langkah yang jelas, karena kepercayaan 10.000 langkah itu saja belum tentu didukung data.

“Semakin banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan, semakin baik, dan Anda akan terus mendapatkan lebih banyak manfaat darinya,” tandasnya.(bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs