Senin, 29 April 2024

Sudah Deal dengan Studio Film, Aksi Mogok Serikat Penulis Hollywood Diharapkan Segera Berakhir

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Hollywood. Foto: Wikicommon

Serikat penulis skenario Hollywood (WGA) mencapai kesepakatan sementara dengan studio film. Kesepakatan ini diharapkan bisa mengakhiri aksi mogok yang berlangsung beberapa bulan belakangan.

Reuters melaporkan kontrak selama tiga tahun harus disetujui oleh ketua WGA dan anggota serikat sebelum bisa berlaku efektif. WGA menyebut kesepakatan itu adalah luar biasa dan perlindungan bagi penulis skenario.

“Ini bisa terjadi berkat solidaritas anggota WGA dan dukungan luar biasa dari serikat lainnya yang bergabung dengan batasan yang kami buat selama lebih dari 146 hari,” kata komite negosiasi WGA dilansir dari Antara.

Kesepakatan tersebut masih bersifat sementara, WGA berencana membagikan rincian kontrak setelah mereka mendapatkan salinan final.

Setelah itu, negosiator akan mengadakan pemungutan suara apakah kesepakatan itu akan diteruskan kepada pimpinan.

Setelah di tangan pimpinan, merekalah yang akan memutuskan apakah akan ada pemungutan suara oleh anggota terkait kontrak tersebut.

Sementara penulis mencapai kesepakatan sementara, serikat aktor SAG-AFTRA masih melakukan aksi mogok.

Laman Variety melaporkan, aksi mogok masih berlangsung hingga kontrak tersebut diratifikasi. Kesepakatan sementara itu hanya mencabut batasan masuk kantor yang selama ini berlangsung.

Penulis skenario melakukan aksi mogok hampir lima bulan sejak 2 Mei. Aksi mogok tersebut membuat sejumlah studio harus menghentikan produksi film dan serial televisi, sementara program televisi tetap siaran dengan tayangan ulang. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs