Rabu, 28 Februari 2024

Tips Motret Berbekal Kamera Handphone, Dijamin Anti Gagal

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Pixabay Ilustrasi foto menggunakan handphone. Foto: Pixabay

Dalam era yang serba digital, fotografi menggunakan ponsel telah menjadi cara populer untuk menangkap momen-momen berharga.

Teknologi yang disematkan pada kamera ponsel akhir-akhir ini membuat kualitas foto yang dihasilkan tidak kalah dengan kamera profesional.

Melansir dari Antara, Beawiharta jurnalis foto senior menjelaskan, untuk menghasilkan foto layaknya menggunakan kamera profesional, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berfoto dengan ponsel.

1. Perlakukan sebagai kamera
Meskipun bentuknya secara fisik adalah kamera yang disematkan pada ponsel, pengguna disarankan untuk memperlakukannya sebagai kamera, bukan ponsel.

Oleh karena itu, menguasai teknis kamera sebelum berfoto adalah penting. Misalnya, pastikan mengetahui lensa apa saja yang disediakan dan menggunakan lensa itu sesuai fungsinya.

2. Gunakan gridline sebagai panduan
Gridline atau garis horizontal dan vertikal yang ada di layar kamera berfungsi untuk memandu menempatkan objek yang difoto.

Jika pernah merasa terganggu ketika melihat sebuah foto, menurut Beawiharta bisa jadi karena penempatan garis vertikal atau horizontal tidak sesuai dengan kelaziman.

Misalnya, memotret pohon, namun, miring. Hasil foto bisa saja tidak bagus karena pohon dalam kehidupan sehari-hari berbentuk vertikal.

Agar objek sesuai dengan gridline, fotografer perlu menyesuaikan posisi pengambilan gambar, termasuk mengubah posisi ponsel.

3. Observasi sebelum memotret
Sebelum mulai memotret objek dengan kamera, observasi keadaan di sekitar supaya bisa menentukan sudut terbaik pengambilan foto. Misalnya, ketika objek dirasa terlalu jauh, fotografer bisa mendekat maju.

Observasi juga penting untuk mengurangi hal-hal yang tidak perlu masuk ke dalam bingkai.

4. Gunakan mode pro atau potret
Untuk hasil terbaik, gunakan mode pro atau potret supaya hasil foto menjadi lebih tajam.

5. Mengefektifkan tampilan visual
Mengefektifkan tampilan visual berarti tidak menampilkan hal-hal yang tidak perlu ke dalam bingkai. Agar tampilan visual efektif, maka fotografer perlu melihat komposisi.

“Komposisi adalah hal penting dalam fotografi untuk membuat tampilan menjadi efektif dan enak dilihat,” pungkas Beawiharta.

Dia mengingatkan tidak semua hal harus masuk ke dalam bingkai agar tampilan visual efektif. Jika perlu, ambil dua foto berbeda untuk menonjolkan objek yang difoto. (ant/feb/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Rabu, 28 Februari 2024
26o
Kurs