Sabtu, 13 Juli 2024

Tips Tidur Nyenyak dalam Dua Menit meski Lingkungan Sekitar Bising

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi tidur siang. Foto: Freepik

Bagi mereka yang kesulitan tertidur, ada teknik tidur yang populer dilakukan tentara angkatan darat Amerika Serikat yang membantu mereka tertidur dalam dua menit, bahkan di lingkungan yang bising dan penuh stres.

Seperti disiarkan Medical Daily akhir November lalu, Teknik tidur militer ini dikembangkan oleh Bud Winter, seorang pelatih lari cepat Olimpiade dan tertulis di dalam bukunya berjudul “Relax and Win: Championship Performance.”

Dilansir dari Antara pada Selasa (5/12/2023), berikut bangkah-langkah tertidur dengan teknik tidur militer.

Pertama, mengambil napas dalam-dalam. Berbaringlah telentang dan buat rileks setiap otot dan ambil napas dalam-dalam.

Kedua, buat rileks otot-otot di wajah termasuk hilangkan ketegangan pada rahang dan alis. Ketiga, kendurkan otot-otot bahu, lengan, dan tangan.

Keempat, setelah otot tubuh bagian atas rileks, alihkan fokus relaksasi pada otot dada, perut, dan panggul hingga ke paha, lutut, betis, pergelangan kaki, kaki, dan jari kaki.

Selanjutnya, jernihkan pikiran. Untuk menenangkan pikiran, seseorang bisa mencoba memvisualisasikan gambaran yang menenangkan.

Jika masih merasa terganggu, coba ulangi kalimat “jangan berpikir” selama beberapa detik.

Efek metode tidur militer itu mungkin berbeda-beda pada setiap orang. Belum ada penelitian khusus yang membuktikan keampuhan atau manfaat teknik tersebut.

Namun, teknik tidur itu didasarkan pada pernapasan dalam dan relaksasi otot progresif (relaksasi otot dari atas ke bawah), yang keduanya dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur.

Sebuah studi tahun 2018 menyarankan penerapan teknik pernapasan lambat, bersama dengan teknik relaksasi, sebagai alat yang ampuh untuk memerangi insomnia.

Menurut profesor bidang kedokteran olahraga dari program pengobatan olahraga Fakultas Kedokteran University of Minnesota William O. Roberts, seseorang membutuhkan rata-rata 20 menit untuk tertidur.

Kesulitan tidur bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain stres, perubahan jadwal kerja, dan kebiasaan makan. (ant/saf/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 13 Juli 2024
31o
Kurs