Rabu, 22 Mei 2024

YouTube Berencana Mendesain Ulang Tombol Lewati Iklan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi logo aplikasi YouTube yang terlihat di smartphone. Foto: Freepik

YouTube, platform video streaming raksasa tersebut, dilaporkan sedang mendesain ulang tombol “Lewati Iklan”.

Perubahan yang tampaknya kecil ini merupakan bagian dari pola yang lebih besar yang mengungkapkan prioritas platform dan keselarasannya dengan pengalaman pengguna.

Melansir Gizmochina pada Kamis (24/8/2023), tombol “Lewati Iklan” saat ini, yang ditandai dengan tampilan persegi panjangnya yang menonjol, telah melegakan pengguna selama jeda iklan yang diperpanjang.

Namun, akhir-akhir ini terlihat sedikit tidak sesuai dengan desain ulang YouTube baru-baru ini.

Tombol yang baru diusulkan jauh lebih kecil tetapi selaras dengan estetika yang telah diadopsi oleh YouTube. Transformasi ini bukan sekadar perubahan visual, tetapi memiliki implikasi strategis.

YouTube telah mengkonfirmasi pengujian tersebut, menyatakan niat mereka untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih konsisten.

Dengan membuat tombol tidak terlalu mencolok, YouTube secara halus mendorong pengguna untuk menonton iklan. Sehingga berpotensi menghasilkan keterlibatan yang lebih tinggi dengan pengiklan.

Hal ini sejalan dengan tujuan platform ini untuk menyenangkan pemirsa dan pengiklan.

Meskipun begitu, perubahan desain ini harus ditangani dengan hati-hati, menyeimbangkan kepentingan pemirsa, pengiklan, dan platform itu sendiri. (bnt/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
28o
Kurs