Senin, 20 Mei 2024

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Listrik

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Dua Mobil sedang mengisi daya pada SPKLU yang telah disediakan. Foto : PLN

Konsumen otomotif tanah air mulai menunjukkan ketertarikannya terhadap kendaraan listrik belakangan ini, ditandai dengan semakin beragamnya model dari berbagai pabrikan otomotif dunia yang tersaji di pasar lokal.

Dikutip Antara pada Sabtu (20/4/2024), untuk konsumen yang hendak melakukan pembelian kendaraan listrik berbasis baterai, ada baiknya memperhatikan lima hal sebelum memutuskan membeli kendaraan elektrik agar tidak salah pilih.

Dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu, jenama asal China NETA memberikan lima hal penting yang harus diketahui oleh calon konsumen seperti spesifikasi dan fitur pada setiap model mobil listrik akan memudahkan untuk mendapatkan sesuai keinginan dan kebutuhan.

1. Perhatikan jarak tempuh
Faktor utama yang harus diperhatikan oleh konsumen adalah jarak tempuh dari kendaraan tersebut, yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna agar terhindar dari rasa kecemasan baterai habis di tengah jalan.

Jarak tempuh adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan sebelum membeli kendaraan listrik karena kebutuhan berkendara setiap orang berbeda-beda, apalagi jika memerlukan mobil listrik untuk bepergian jauh hingga ke luar kota.

2. Infrastruktur
Aksesibilitas infrastruktur pengisian daya juga menjadi faktor penting sebelum membeli mobil listrik. Saat ini Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sudah semakin tersebar di berbagai tempat sehingga mempermudah konsumen untuk mengisi daya.

3. Biaya perawatan
Seperti kendaraan pada umumnya, mobil listrik juga memerlukan perawatan berkala supaya performa kendaraan tetap optimal dan prima. NETA menyarankan sebelum membeli, konsumen perlu menanyakan secara jelas berapa biaya perawatan berkala mobil listrik.

Kendaraan listrik cenderung memiliki biaya perawatan yang cukup terjangkau. Sejumlah pabrikan memberikan layanan perawatan berkala secara gratis dan garansi untuk komponen seperti baterai, drive motor dan motor control unit.

4. Fasilitas pengisian cepat yang diberikan
Durasi pengisian daya juga termasuk faktor yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil listrik. Pilihlah mobil listrik yang memiliki fitur DC Fast Charging agar lebih efisien waktu saat pengisian.

5. Dimensi
Kebutuhan akan ruang penyimpanan bagasi untuk membawa barang-barang saat bepergian juga perlu diperhatikan. Dengan memperhatikan panduan itu, konsumen dapat membuat keputusan tepat saat memilih mobil listrik yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. (ant/ike/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
33o
Kurs