Senin, 20 Mei 2024

Ahli Sarankan Penderita PCOS Mengonsumsi Vitamin D

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. PCOS. Foto: Shutterstock

PCOS atau sindrom ovarium polikistik biasanya diderita perempuan yang memiliki ketidakteraturan menstruasi dan infertilitas.

Asiya Ali, ahli diet, mengatakan mengonsumsi vitamin D dapat membantu meringankan gejala PCOS seperti menstruasi tidak teratur, timbulnya jerawat, perubahan suasana hati dan obesitas.

“Kekurangan vitamin D dapat memperburuk gejala PCOS. Mengonsumsi Vitamin D melalui makanan atau suplemen dapat meringankan beberapa masalah PCOS seperti infertilitas, penambahan berat badan, dan kecemasan,” kata Ali seperti dikutip Antara dari laman Hindustan Times, Selasa (23/4/2024).

Ia juga mengatakan dengan mengonsumsi vitamin D, akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan semakin meningkatkan kondisi emosional dan energi Anda.

Manfaat vitamin D lainnya adalah membantu wanita menghasilkan sel telur matang, yang selanjutnya dapat meningkatkan kesuburan.

“Memastikan jumlah vitamin D yang cukup pada PCOS dapat membantu meningkatkan kesuburan,” katanya.

Untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, manfaat mengonsumsi vitamin D dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga gejala penyakit seperti jantung, stroke, dan diabetes tipe 2 bisa diringankan.

Ali mengatakan pada efek perubahan suasana hati, vitamin D dapat meningkatkan mood dan perasaan bahagia. Hal ini bisa menghindari diri dari depresi dan masalah kesehatan karena stres.

Vitamin D juga dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga menghasilkan kekuatan tulang yang lebih baik.

“Ini juga membantu meringankan gejala Osteoporosis dan Rakhitis,” kata Ali.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
33o
Kurs