Kamis, 30 Mei 2024

Apple Hapus WhatsApp dan Threads dari App Store di China Karena Masalah Keamanan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gerai utama Apple di pusat perbelanjaan internasional Sanlitun, Beijing, China. Foto: EFE-EPA/WU HONG

Apple telah menghapus aplikasi pesan WhatsApp milik Meta dari App Store mereka di China, menyusul perintah pemerintah negara itu dengan alasan masalah keamanan nasional.

Selain WhatsApp, aplikasi jejaring sosial Meta lainnya yakni Threads, juga telah ditarik dari App Store karena alasan yang sama.

“Administrasi Dunia Maya China memerintahkan penghapusan aplikasi-aplikasi ini dari etalase China berdasarkan masalah keamanan nasional mereka,” kata Apple sebagaimana laporan Reuters yang dilansir Antara, Sabtu (20/4/2024).

Selain itu, Meta juga mengonfirmasi bahwa kedua aplikasinya tidak lagi tersedia di App Store Apple di China. Tapi, mereka menolak memberikan rincian lebih lanjut tentang penghapusan tersebut.

“Kami merujuk Anda ke Apple untuk memberikan komentar,” kata juru bicara Meta.

Namun, Apple belum mengonfirmasi dua penghapusan tambahan ini. Tetapi situs AppleCensorship, yang melacak penghapusan App Store, mencatat Signal dan Telegram sebagai “menghilang” dari App Store Apple di China daratan.

Sementara menurut Reuters, dua aplikasi perpesanan lainnya juga telah dihapus dari App Store Apple di China, yaitu Signal dan Telegram.

Kemudian Meredith Whittaker presiden Signal mengatakan bahwa Signal sudah diblokir di China oleh Great Firewall negara tersebut.

“Meskipun Signal mungkin pernah tersedia untuk diunduh di masa lalu, pendaftaran dan pesan Signal tampaknya diblokir,” katanya.

Ia menambahkan bahwa tidak ada bedanya jika aplikasinya tidak lagi muncul di App Store karena pengguna yang mengakses aplikasi dari China tidak akan dapat mengakses aplikasi tersebut untuk mendaftar atau mengirim pesan. (ant/sya/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
33o
Kurs