Kamis, 2 Mei 2024

Bus Wisata Bandar Grissee Beroperasi Sabtu-Minggu, Yuk… Intip Rute dan Keseruannya

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Bus Wisata Bandar Grissee sengaja didesain lantai 1 tertutup kaca transparan, dan lantai 2 terbuka untuk memanjakan wisatawan melihat kawasan Gresik Kota Lamak, khususnya, di malam hari. Foto: Pemkab Gresik

Bus Wisata Bandar Grissee mulai beroperasi pada Sabtu, 20 Januari 2024. Bus tingkat berkapasitas 40 tempat duduk itu menyusuri rute sejumlah ruas jalan di Gresik Kota Lama (GKL).

Pemerintah Kabupaten Gresik menyulap Bus Wisata Bandar Grissee dengan desain menarik bertujuan untuk melestarikan dan menjaga warisan budaya di Gresik yang merupakan kota penuh peradaban sejarah dan kebudayaan Kota Lama.

Bus Wisata Bandar Grissee dua lantai ini juga menyediakan pemandu yang bertugas untuk menceritakan destinasi wisata heritage.

“Bus sengaja didesain dengan lantai 1 tertutup dengan kaca transparan dan lantai 2 terbuka untuk memanjakan wisatawan melihat kawasan Gresik Kota Lama. Khususnya, di malam hari,” ungkap Fandi Ahmad Yani Bupati Gresik.

Bus Wisata Bandar Grissee berkapasitas 40 tempat duduk, beroparasi hari Sabtu dan Minggu. Foto: Pemkab Gresik

Saifudin Ghozali Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparekrafbudpora) Kabupaten Gresik mengatakan Bus Wisata Bandar Grissee sementara ini hanya beroperasi jalan pada hari Sabtu dan Minggu. Ada tiga kali trip, yakni pukul 15.00 – 17.00, pukul 18.30 – 19.30, dan pada pukul 19.30 – 21.00.

“Bus beroperasi reguler Sabtu dan Minggu. Sambil kami evaluasi, kalau banyak masyarakat atau wisatawan antusias, bisa kami tambah trip-nya,” kata Saifudin pada suarasurabaya.net, Minggu (21/1/2024).

Bus ini melewati seluruh cagar budaya bangunan tua di Gresik. “Kebetulan ada 4 kawasan di Banda Grissee yang sudah terintegrasi yaitu kawasan Kolonial – Belanda, kawasan Pecinan – China, kawasan Kampung Arab – Arab, dan kawasan Kampung Keemasan – pribumi, yang sampai hari ini sudah ditata dan dirawat,” jelasnya.

Ia menjelaskan armada Bus Wisata Bandar Grissee saat ini masih satu. Ketika diumumkan bus akan beroperasi mulai 20 Januari 2024 dan dibuka pendaftaran tiketnya secara online lewat aplikasi, peminatnya banyak, langsung terpenuhi kuotanya.

“Kuota terpenuhi setiap tripnya. Baik di Hari Sabtu kemarin maupun hari Minggu ini. Untuk yang minggu depan akan kami buka lagi pendaftaran kira-kira Senin sore, setelah dilakukan evaluasi,” ujarnya.

Nida warga Gresik yang Sabtu (20/1/2024) kemarin ikut trip Bus Wisata Bandar Grissee mengatakan, karena baru pertama kali ia merasa senang sekali.

“Ternyata ada bus wisata kayak ini. Seru….! Baru tahu juga kalau di Gresik ada Bandar Grissee. Tempat wisatanya sudah bagus, tapi perlu dikembangkan lagi,” ungkapnya.

Masyarakat antusias naik Bus Wisata Bandar Grissee mengelilingi Gresik Kota Lama, Sabtu (20/1/2024). Foto: Pemkab Gresik

Perjalanan Bus Wisata Bandar Grissee ini start dan finish di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Jl. Pahlawan No. 58 Tlogobendung, Gresik.

Rutenya mulai dari Jalan Pahlawan (GNI), Alun-Alun Gresik, Jalan Raden Santri, Jalan Basuki Rahmat, Jalan AKS Tubun, Jalan KH Zubair, Jalan KH Agus Salim, hingga kembali ke Jalan Pahlawan (GNI).

Harga tiket untuk masyarakat atau wisatawan hanya berkisar Rp5.000 untuk umum, dan Rp 3.000 untuk pelajar.

Masyarakat yang ingin menikmati layanan Bus Wisata Bandar Grissee bisa langsung melakukan pendaftaran melalui website disparekrafbudpora (https://s.id/WebDinasParGresik) dan melakukan pembayaran di lokasi melalui QRIS.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs