Kamis, 2 Mei 2024

Cara Hindari Kecemasan Akibat Mengkhawatirkan Masalah Kesehatan Publik Figur

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrrasi gangguan kesehatan mental. Foto: Freepik

Orang dengan kecemasan kesehatan dapat terpicu dan menjadi khawatir ketika mendengar masalah kesehatan orang lain, terutama figur publik yang terkenal seperti Kate Middleton anggota keluarga Kerajaan Inggris yang saat ini mengidap kanker.

Dilansir Antara, Psychology Today dalam siarannya, Minggu (24/3/2024), menyebut orang yang mendengar kabar tentang masalah kesehatan figur publik bisa saja merasakan gejala yang sebelumnya tidak mereka alami, sehingga menjadi semakin cemas.

Informasi tentang seseorang yang dikenal atau orang terkenal yang didiagnosis terserang penyakit atau meninggal, bisa memicu bagian dari diri untuk waspada terhadap masalah kesehatan, seperti melihat tanda bahwa hal tersebut bisa terjadi pada diri sendiri.

Ibu-ibu muda dengan anak kecil mungkin merasa cemas setelah mengetahui diagnosis kanker Kate Middleton, karena mereka mungkin mengidentifikasi diri dengan aspek identitas tersebut.

Karenanya, Psychology Today memberikan beberapa tips untuk menghindari kecemasan tersebut, yakni:

  • Melakukan validasi diri dengan memberi tahu diri sendiri bahwa masuk akal berita ini membuat cemas jika memang memiliki kecemasan kesehatan.
  • Cek realitas. Ingatkan diri bahwa peluang sakit tidak akan naik hanya karena diagnosis orang lain.
  • Jangan terlalu fokus pada gejala tubuh. Semakin fokus pada tubuh, semakin banyak sensasi yang akan dirasakan, jadi lebih baik mengalihkan perhatian pada sesuatu di luar diri.
  • Berhenti sejenak dari berita dan media sosial. Jika merasa bahwa berita membuat perasaan lebih cemas, maka berhentilah sejenak.
  • Lakukan sesuatu yang bermakna. Gunakan waktu untuk menemukan sesuatu yang bermakna atau menyenangkan bagi diri sendiri daripada fokus pada kekhawatiran kesehatan.

Selain itu, sebaiknya menjalani pemeriksaan kesehatan rutin yang diperlukan seperti prosedur kolonoskopi dan mamografi untuk menghindari kecemasan kesehatan yang berlebihan. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs