Selasa, 7 Mei 2024

Christoper Nolan Raih Best Director Oscar 2024 Lewat Film Oppenheimer

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Christoper Nolan berhasil memenangkan Best Directors Oscar lewat Film Oppenheimer dalam Academy Awards ke-96 di Hollywood, Los Angeles, Amerika, Minggu (10/3/2024). Foto: Reuters

Christopher Nolan sutradara berhasil memenangkan penghargaan Oscar 2024 untuk kategori “Best Director” lewat film drama sejarah “Oppenheimer” yang disutradarainya. Film biopik tersebut bercerita tentang J. Robert Oppenheimer, pria di balik pengembangan bom aton selama Perang Dunia II.

Melansir Reuters, Nolan telah menjadi favorit untuk memenangkan Oscar dalam penghargaan yang digelar di Hollywood, Los Angeles, Amerika, Minggu (10/3/2024) waktu setempat itu, setelah sebelumnya meraih penghargaan sutradara terbaik di Golden Globes, BAFTA, Critics Choice, dan Directors Guild of America tahun ini.

Nolan menulis naskah “Oppenheimer” dan memproduksi film tersebut bersama istrinya, Emma Thomas. Film ini menerima 13 nominasi Oscar, termasuk untuk film terbaik dan aktor terbaik bagi Cillian Murphy, yang memerankan Oppenheimer, yang dikenal sebagai “ayah dari bom atom.”

“Cerita Oppenheimer adalah salah satu yang paling dramatis yang saya ketahui dan ada banyak aspek yang membuatnya begitu menarik,” kata Nolan kepada Reuters sebelum premier film tersebut pada musim panas tahun lalu.

Oppenheimer memimpin Laboratorium Los Alamos, yang didirikan di bawah pemerintahan Franklin D. Roosevelt Presiden AS saat itu sebagai bagian dari Proyek Manhattan untuk membangun bom atom pertama.

Dia mengawasi ledakan bom atom pertama di gurun New Mexico, yang disebut “Trinity,” sebelum senjata tersebut digunakan dalam pengeboman Hiroshima dan Nagasaki di Jepang. Film ini telah menghasilkan lebih dari $957 juta di box office global.

Nolan dikenal karena film-filmnya yang cerebral dan pertama kali dinominasikan untuk Oscar untuk penulisan naskah pada tahun 2002 untuk “Memento,” yang juga disutradarainya. Dia dinominasikan untuk Sutradara Terbaik pada tahun 2019 untuk film Perang Dunia Kedua “Dunkirk.” (bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
25o
Kurs