Jumat, 12 April 2024

Oppenheimer, Blockbuster Terbaru Karya Christoper Nolan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Film thriller biografi karya Christoper Nolan terbaru berjudul Oppenheimer. Foto: Universal Pictures

Christopher Nolan sutradara film ternama mengalihkan perhatiannya pada J. Robert Oppenheimer untuk film blockbuster terbarunya yang berjudul “Oppenheimer” dan membawa penonton kembali ke masa ketika fisikawan teoritis Amerika ini mengawasi pembuatan bom atom selama Perang Dunia II.

Melansir Reuters, Jumat (7/7/2023), film thriller biografi garapan Nolan itu dibuat berdasarkan buku biografi tahun 2005 “American Prometheus” karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin serta menampilkan para pemeran papan atas, termasuk Matt Damon, Robert Downey Jr, Emily Blunt dan Cillian Murphy yang berperan sebagai tokoh utama, sosok yang dikenal sebagai “Bapak Bom Atom”.

“Kisah Oppenheimer adalah salah satu kisah paling dramatis yang saya ketahui dan ada banyak sekali aspek yang membuatnya begitu menarik,” ungkap Nolan dalam sebuah wawancara bersama Murphy.

Nolan menyatakan bahwa dia ingin membawa penonton ke satu ruangan bersama dengan orang-orang yang membuat keputusan “mengerikan” yang kemudian membentuk dunia masa kini.

Oppenheimer merupakan kepala Laboratorium Los Alamos, yang didirikan di bawah Presiden Franklin D. Roosevelt sebagai bagian dari Proyek Manhattan untuk membangun bom atom pertama.

Dia mengawasi peledakan bom atom pertama di gurun New Mexico, yang diberi nama sandi “Trinity”, sebelum senjata tersebut digunakan dalam pengeboman Hiroshima dan Nagasaki.

“Ada begitu banyak informasi (tentang Oppenheimer). Tugas saya sebagai seorang aktor adalah untuk mengejar sisi kemanusiaan dan emosi, serta kompleksitas dan moralitas dari karakter tersebut,” ujar Murphy, yang pernah bekerja sama dengan Nolan sebelumnya.

Nolan dikenal dengan narasi konseptual dan gaya visualnya dalam film-film seperti “Inception”, “Tenet”, dan beberapa seri dari franchise film Batman.

Robert Downey Jr. juga turut memberikan komentarnya terhadap film Oppenheimer.

“Oppenheimer merupakan gabungan dari semua film Chris Nolan yang pernah ada, yang semuanya mengarah pada pernyataan yang mendalam seperti ini, namun tetap merupakan hiburan yang mengagumkan,” ujar Downey Jr.

“Sungguh gila bisa menjadi bagian dari pembuatan film ini dan lebih gila lagi saat menontonnya,” sambungnya.

Sebagai informasi, Oppenheimer akan rilis di bioskop tanggal 21 Juli 2023. (bnt/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 12 April 2024
27o
Kurs