Jumat, 10 Mei 2024

Cillian Murphy Raih Best Actor Oscar 2024 Berkat Oppenheimer

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Cillian Murphy mengangkat piala Oscar perdananya sebagai Best Actors berkat film Oppenheimer dalam Academy Awards ke-96 di Hollywood, Los Angeles, Amerika, Minggu (10/3/2024). Foto: Reuters

Cillian Murphy aktor sukses memenangkan Best Actors Oscar 2024 berkat perannya dalam film Oppenheimer sebagai J. Robert Oppenheimer fisikawan yang memimpin pengembangan bom atom Amerika Serikat selama Perang Dunia II.

Melansir Reuters, penghargaan yang digelar di Hollywood, Los Angeles, Amerika, Minggu (10/3/2024) waktu malam waktu setempat, merupakan yang pertama bagi Murphy memenangkan Academy Awards sekaligus jadi nominasi Oscar pertamanya.

Murphy yang dikenal low profile di Hollywood, mendapatkan kesempatan terbesarnya untuk memerankan Oppenheimer, fisikawan bermoral ambigu dan penuh penderitaan yang dikenal sebagai “the father of the atomic bomb.”

Selain itu, kemenangan ini menandai kesuksesan musim penghargaan bagi aktor asal Irlandia berusia 47 tahun itu, yang juga meraih Golden Globe, BAFTA, dan penghargaan Screen Actors Guild untuk penampilannya.

Sang aktor juga dikenal atas peran utama dalam film seperti “28 Days Later” dan drama kejahatan “Peaky Blinders.” Serta penampilannya dalam proyek-proyek lain Christopher Nolan, termasuk trilogi “Dark Knight” Batman dan “Inception.”

Meskipun cerita yang didasari oleh ilmu pengetahuan yang kompleks, Murphy mengatakan pada bulan Juli bahwa ia tidak terlalu banyak membuang waktu pada fisika untuk mempersiapkan perannya, tetapi lebih fokus pada kemanusiaan dan emosi, serta kompleksitas dan moralitas karakter.

Film Oppenheimer memimpin nominasi Academy Awards tahun ini dan mendominasi di berbagai acara penghargaan lainnya termasuk Golden Globes.

Film ini, bersama dengan “Barbie” karya Greta Gerwig, menciptakan fenomena bioskop musim panas yang disebut “Barbenheimer,” yang membantu memperkuat box office 2023, di mana waralaba-waralaba yang sudah mapan mengalami kegagalan. (bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs