Senin, 29 April 2024

Demi Palestina, Reality Club Batal Tampil di Festival SXSW AS

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Reality Club Band Reality Club. Foto: Instagram @realityclub.

Reality Club Band indie-rock asal Indonesia secara resmi mengumumkan batal tampil di South by Southwest Music Festival (SXSW) yang diselenggarakan di Austin, Texas, Amerika Serikat sebagai bentuk dukungan pada negara Palestina.

Melansir Antara, Jumat (15/3/2024), Hal ini dikonfirmasi dalam pernyataan resmi yang diunggah langsung melalui akun instagram mereka.

Reality Club menyatakan alasan mereka memilih mundur untuk tampil adalah adanya informasi soal tentara Amerika Serikat yang telah menjadi salah satu sponsor acara, berpartisipasi dalam memproduksi dan memasok senjata yang digunakan untuk melawan warga Palestina.

Keputusan diambil setelah melalui banyak pertimbangan dan perbincangan antara pihak mereka dengan penyelenggara.

Selain itu, Reality Club turut mengaku keputusan tersebut tidak mudah untuk diambil, sebab tampil di acara bergengsi itu merupakan salah satu impian para anggota sejak lama.

“Kenangan terbaik kami bersama sebagai sebuah band adalah ketika kami mendapat undangan pertama untuk hadir pada tahun 2020, sebelum dibatalkan karena pembatasan COVID-19. Ketika kami diundang lagi pada tahun 2024, kami menjadwalkan tur seluruh Amerika Utara di sekitar festival,” tulis mereka di sosial medianya.

Walaupun demikian, para anggota mengaku lebih memilih untuk mengikuti hati nurani mereka untuk membatalkan penampilan karena tidak ingin dikaitkan dengan organisasi yang terlibat dalam genosida di Palestina.

Sementara, untuk tur di tiga kota Amerika Utara yang tersisa, Reality Club menyatakan akan memberikan penampilan terbaik dan meminta dukungan penggemar agar acara berjalan dengan lancar.

“Kami berharap kalian dapat memahami keputusan kami dan berharap suatu saat dapat tampil untuk kalian semua. Sedangkan untuk tur Amerika Utara kami, kami memiliki tiga kota tersisa, dan kami akan memberikan yang terbaik seperti biasanya. Terima kasih atas dukungan dan pengertian Anda mengenai masalah ini,” tutup pernyataan tersebut.

Sebelumnya, pada Jumat (23/2/2024), melalui keterangan resminya, Reality Club dikabarkan akan tampil dalam segmen “FRIENDS:FOREVER”, yaitu acara musik Asia terbesar di SXSW yang digelar pada 14-15 Maret.

Dalam acara itu, Reality Club akan tampil pada hari pertama.

Lebih lanjut, Reality Club telah mengikuti jejak musisi Indonesia yang pernah tampil di SXSW, yaitu White Shoes & The Couples Company, Efek Rumah Kaca, The SIGIT, Yacko, Shaggydog dan Tuan Tigabelas. (ant/sya/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs