Senin, 29 April 2024

Empat Langkah Proaktif Lindungi Data Pribadi di Handphone

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi perlindungan data pribadi di handphone. Foto: iStockPhoto

Pada era digital ketika semuanya terhubung melalui internet, dan data terus dikumpulkan serta dianalisis, maka risiko pelanggaran data, pelanggaran privasi hingga pencurian data menjadi lebih besar dibandingkan era sebelumnya.

Setiap negara memiliki regulasi mengenai keamanan siber, sehingga terkadang ada pembatasan terhadap aplikasi tertentu di suatu negara meskipun aplikasi tersebut populer di negara lain.

Namun, tidak semua individu bersedia untuk menghentikan penggunaan aplikasi tersebut, sehingga mereka mencari alternatif seperti menggunakan aplikasi pengganti atau bahkan yang tidak resmi.

Seperti dilaporkan Antara pada Sabtu (10/2/2024), perusahaan keamanan siber Kaspersky membagikan empat langkah proaktif untuk melindungi data pribadi, terutama di ponsel.

1. Tidak terburu-buru memasang aplikasi
Ketika ada wacana sebuah aplikasi sedang disoroti, tidak berarti aplikasi tersebut akan segera dilarang. Terburu-buru mencari aplikasi alternatif, apalagi yang tidak resmi, bisa saja membahayakan data pribadi.

Sebelum memasang apa pun yang belum terverifikasi pada perangkat apapun, sebaiknya pertimbangkan pro dan kontra. Toko aplikasi menjadi pilihan yang paling aman untuk memasang aplikasi.

2. Pelajari hak privasi
Cara terbaik untuk melindungi data pribadi adalah dengan mempelajari aturan yang berlaku di dalam negeri tentang hak konsumen dan pemrosesan data pribadi. Selain itu, baca juga kebijakan privasi aplikasi.

Hal-hal yang perlu diperiksa antara lain ialah apakah penyelenggara aplikasi menghormati hak pengguna dan data apa saja yang mereka kumpulkan.

3. Tidak berbagi data secara berlebihan
Salah satu pilihan terbaik adalah meminimalisasi jumlah data yang dibagikan kepada aplikasi karena ada risiko pengungkapan tidak sengaja atau penyalahgunaan data pribadi karena keamanan tidak memadai.

Selain itu, ketika data pribadi dibagikan, seringkali sulit untuk mengontrol distribusi dan penggunaannya sehingga berpotensi menimbulkan masalah privasi pada jangka panjang.

Oleh karena itu, pertimbangkan data apa saja yang diberikan dan pastikan data yang dibagikan sesuai dengan fungsi aplikasi.

4. Solusi keamanan
Memasang solusi keamanan pada perangkat membantu aplikasi tidak mengakses informasi pribadi. Selain itu juga mengingatkan pengguna jika data bocor dan memberi tahu pengguna jika mengunduh berkas berbahaya. (ant/ike/saf)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs