Rabu, 8 Mei 2024

Kemenparekraf Kembali Masukkan Gandrung Sewu dan BEC dalam KEN

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Penari gandrung wanita menari bersama pada Festival Gandrung Sewu di Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (17/9/2018). Foto: Antara

Festival Gandrung Sewu dan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) tahun ini kembali terdaftar dalam kalender event nasional, Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“Alhamdulillah tahun ini dua even Banyuwangi Festival kembali masuk KEN 2024. Terima kasih kepada Kemenparekraf yang kembali mempercayai agenda Banyuwangi. Ini menjadi kebanggaan sekaligus tantangan untuk terus berkreasi menyuguhkan event pariwisata berkualitas dan berkelas,” ujar Bupati Banyuwangi dilansir Antara pada Senin (30/1/2024).

Kharisma Event Nusantara (KEN)  merupakan program strategis Kemenparekraf dalam mendukung dan mengembangkan event-event daerah bertaraf nasional.

Tahun ini KEN diluncurkan secara virtual oleh  Joko Widodo Presiden RI dan Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada sabtu (27/1/2024), di Gedung Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Pada peluncuran KEN 2024, Banyuwangi menampilkan mini show Gandrung Sewu dan kostum BEC bertema Gandrung dan Barong. Tema tersebut merupakan representasi budaya lokal Banyuwangi yang telah mengakar kuat.

MY Bramuda Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi menjelaskan, bahwa masuknya BEC dan Gandrung Sewu dalam KEN 2024 melalui proses kurasi selama tiga bulan dari Oktober hingga Desember 2023.

“Dari total 252 even usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia, mengerucut tinggal 110 even,” kata Bramuda.

Proses penilaian tahun ini melibatkan tim kurator yang terdiri dari lima bidang, di antaranya bidang ide dan inovasi, bidang pemasaran dan strategi komunikasi, bidang manajemen kegiatan, bidang manajemen keuangan dan bidang analisis dampak. (ant/ike/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs