Jumat, 10 Mei 2024

Mengintip Hasil Foto Kamera Lubang Jarum, Menyambut Hari Pinhole Dunia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Antusias pengujung saat melihat pameran Pinhole Day di Balai Pemuda Surabaya, Sabtu (27/4/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Komunitas Pinhole Indonesia menyambut Hari Pinhole Dunia dengan mengadakan pameran di Balai Pemuda Surabaya.

Ray Bachtiar, salah satu founder Pinhole Indonesia mengatakan, pameran ini diadakan untuk menambah pengetahuan masyarakat lainnya.

Pinhole atau kamera lubang jarum, adalah kamera sederhana tanpa lensa yang menggunakan lubang kecil sebagai pengganti lensa.

“Selain itu kami juga mengapresiasi hasil dari para anggota sampai para master yang ada,” ucapnya saat ditemui suarasurabaya.net, Sabtu (27/4/2024).

Gedung Balai Pemuda saat difoto menggunakan pinhole yang dipajang pada pameran Pinhole Day di Balai Pemuda Surabaya, Sabtu (27/4/2023). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Ia juga menjelaskan, Hari Pinhole dirayakan setiap 28 April 2024. Pameran ini juga dibuka lebih awal untuk menarik minat orang-orang yang mengunjungi.

“Besok baru ada perayaan Hari Pinhole. Pinhole Indonesia akan menyebarkan seluruh titik di Indonesia untuk melakukan hunting foto bersama,” jelasnya.

Beberapa alat Pinhole dan pengganti kertas film yang dipamerkan di Balai Pemuda Surabaya, Sabtu (27/4/2023). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Pada kesempatan yang sama, Irman Ariyadi Ketua Pelaksana pameran pinhole di Galeri Pemuda menyebutkan, Target utama para anggota Pinhole Indonesia sekarang adalah untuk mengambil gambar yang bergerak.

“Dulu kami sempat ada program, namanya Rekam Matahari. Membutuhkan waktu kurang lebih tujuh hari untuk menghasilkan gambar yang maksimal dari cahaya matahari,” terangnya.

Selain rekam matahari, ia mengiginkan agar bisa menangkap hasil gambar human interest dengan hasil yang maksimal.

“Kalau biasa paling gedung saja, kami segera coba hasil gambar orang yang beraktivitas,” katanya.

CCTV tempel karya Pinhole Indonesia yang bisa menangkap rekaman gambar selama tujuh hari dipamerkan di Balai Pemuda Surabaya, Sabtu (27/4/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Irman juga mengatakan, Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Dengan itu ia berharap pada anak-anak yang ada supaya bisa melestarikan budaya termasuk pinhole ini.

“Semoga semakin banyak yang tertarik dan ikut hunting bersama Pinhole Indonesia,” pungkasnya.(man/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version