Minggu, 28 April 2024

Pakar: Lakukan Tiga Hal Ini Demi Tetap Sehat Saat Liburan

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Masyarakat menikmati masa liburan tahun baru dengan berwisata di THP Kenjeran, Surabaya pada Senin (1/1/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama Guru Besar Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengimbau masyarakat agar melakukan tiga hal demi menjaga tubuh tetap sehat selama liburan, salah satunya melaksanakan perilaku hidup bersih sehat.

“Kita memasuki beberapa hari libur sampai Minggu, tentu masyarakat akan memanfaatkan hari-hari ini, tetapi kita juga tahu bahwa sekarang sedang musim hujan yang seringkali turun cukup deras,” kata dia saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat (9/2/2024).

Menurutnya, apabila sudah memiliki penyakit tertentu maka orang-orang disarankan lebih hati-hati, yaitu dengan memeriksa kesehatan sebelum berjalan di liburan panjang misalnya mengukur tekanan darah berkala untuk pasien hipertensi, atau gula darah untuk pasien diabetes dan lainnya.

Selain itu, Tjandra juga mengingatkan masyarakat mengonsumsi obat secara teratur sesuai anjuran dokter dan mengenal gejala awal sehingga apabila ada perburukan bisa mencari penanganan tenaga medis.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs