Sabtu, 15 Juni 2024

Kemenparekraf Catat Pulau Jawa Masih Menjadi Destinasi Wisata Favorit saat Masa Liburan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
bromo Ilustrasi - Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Foto: Pixabay

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) menyatakan, destinasi wisata di Pulau Jawa masih menjadi yang paling banyak diminati oleh masyarakat saat masa liburan.

“Tetap destinasi di Pulau Jawa yang mendapatkan review paling banyak, karena bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi dan moda transportasi darat. Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur ini utama,” ucapnya di Surabaya, Rabu (27/12/2023).

Untuk lokasi wisata yang terpantau banyak pengunjung hingga saat ini, Sandi menyebut ada beberapa tempat seperti kawasan Bromo, Yogyakarta hingga Dieng.

Setelah pulau Jawa, Sandi mengatakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi lainnya yakni berada di pulau Bali.

Dengan banyaknya pengunjung yang mayoritas memilih tujuan ke Pulau Jawa dan Bali tersebut, ia mengimbau kepada pengelola wisata agar bisa menjalankan tugas dengan baik, serta memberi pesan pada pengunjung agar hati-hati dalam berpergian seiring dengan padatnya lokasi wisata dan arus lalu lintas.

“Karena di Taman Mini Indonesia, di PIK kemarin ada 50 ribu dan 100 ribu pengunjung. Tapi ditata dengan baik, flow manajemen yang baik bisa dilakukan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga memprakirakan bahwa masih ada dua waktu yang akan menjadi puncak pergerakan wisatawan selama libur Nataru tahun ini, yakni pada tanggal 31 Desember 2023 dan 1 Januari 2024.

“Karena uniknya, ada Natal dan Tahun Baru yang sama-sama long weekend, harus dimanfaatkan dengan baik dan kita harapkan arus balik ya tanggal 2 dan 3 Januari,” pungkasnya. (ris/bil/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 15 Juni 2024
26o
Kurs