Selasa, 30 April 2024

Praktisi Sarankan Warga Lakukan Vaksinasi Influenza Usai Libur Lebaran

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi - Dokter meyuntikkan vaksin influenza kepada pasien. Foto: iStock

Dokter Ngabila Salama praktisi kesehatan masyarakat menyarankan masyarakat untuk melakukan vaksinasi influenza mandiri mulai usia enam bulan ke atas untuk mencegah batuk dan pilek di musim pancaroba pascalibur Lebaran.

Ngabila menegaskan bahwa vaksinasi influenza penting dilakukan terutama bagi kelompok usia rentan.

“Balita, ibu hamil, pralansia di atas usia 50 tahun, lansia dan tenaga kesehatan,” ujar Ngabila dilansir Antara pada Selasa (16/4/2024).

Selain itu orang dengan komorbid sedang sampai berat seperti hipertensi, diabetes melitus, penyakit stroke, jantung, gagal ginjal kronis, autoimun dan lainnya.

Adapun harga vaksinasi sekitar Rp200 ribu dan diberikan satu kali per tahun. Sedangkan jarak pemberian dengan vaksin lain minimal 14 hari.

“Kecuali dengan vaksinasi meningitis dapat diberikan sekaligus dalam satu hari. Bisa didapatkan di klinik atau rumah sakit penyedia layanan vaksinasi termasuk RSUD Tamansari Jakarta Barat,” jelasnya.

Ia mengaku telah menjalani vaksinasi influenza dan mendapatkan manfaatnya sendiri.

“Saya beri testimoni pribadi, baru satu kali disuntik vaksin influenzae seumur hidup saya, kurang lebih satu bulan yang lalu,” ucapnya.

Setelah menerima vaksinasi tersebut, dia mengaku tidak merasakan gejala batuk dan pilek atau flu. Selain itu, badan juga terasa sehat dan bugar.

“Saya tidak rasa gejala batuk, pilek atau common cold seperti mau flu sampai saat ini. Badan juga sehat dan bugar,” pungkasnya. (ant/ike/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version