Kamis, 2 Mei 2024

Sering Sakit Jadi Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Berbagai macam makanan mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tubuh. Foto: iStockPhoto

Vitamin D berkaitan erat dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat, kesehatan kognitif dan energi yang seimbang, serta banyak memberikan manfaat kesehatan positif lainnya apabila asupannya tercukupi.

Karena sinar matahari adalah salah satu sumber terkuat vitamin D, dan karena tidak terlalu banyak sumber makanan yang mengandung vitamin ini, maka biasanya tidak sedikit orang mengalami kekurangan vitamin D.

Seperti yang diungkapkan Amy Goodson dan Lauren Manaker ahli diet asal Amerika Serikat, seperti yang dilansir Antara pada Selasa (30/1/2024), terdapat sejumlah tanda orang yang kekurangan vitamin D.

1. Sering sakit
Ahli diet mengatakan bahwa Vitamin D sangat penting dalam membantu sistem kekebalan tubuh, dan membekali tubuh untuk melawan virus dan bakteri secara efektif.

Namun karena dukungan vitamin D dalam kesehatan sistem kekebalan tubuh tidak cukup, maka seseorang akan lebih sering jatuh sakit.

2. Sering kelelahan
Tanda lain seseorang kurang vitamin D yaitu mengalami kelelahan dan keletihan yang konsisten. Ini karena vitamin D terlibat dalam produksi energi dalam tubuh, kata Goodson.

Manaker mengatakan bahwa jika kekurangan vitamin D, ia mungkin akan merasa lelah secara konsisten atau kesulitan menjalani hari karena kekurangan energi meskipun sudah beristirahat dengan cukup.

3. Nyeri otot
Jika mengalami nyeri otot yang tidak berkaitan dengan rutinitas olahraga, atau merasakan lemas yang konsisten, hal ini memungkinkan kekurangan vitamin D.

“Vitamin D penting untuk fungsi otot, dan tingkat yang tidak memadai dapat menyebabkan nyeri otot dan kelemahan,” kata Goodson.

4. Kesehatan tulang terpengaruh
Vitamin D disebut memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium, yang sangat penting untuk menjaga tulang yang kuat dan sehat.

Oleh sebab itu, kekurangan vitamin D dapat berdampak negatif pada kesehatan tulang dan menyebabkan penurunan kepadatan tulang, yang membuat seseorang lebih rentan terhadap patah tulang dan cedera.

“Seiring dengan potensi cedera yang lebih besar, anda bisa juga akan mengalami rasa sakit yang lebih konsisten. Selain itu, Kekurangan vitamin dapat menyebabkan nyeri tulang dan punggung, apabila pada kasus yang parah, bahkan dapat menyebabkan osteoporosis,” Goodson menambahkan.

5. Kesehatan tulang terpengaruh
Vitamin D memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium, yang penting untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang.

Karena peran ini, kekurangan vitamin D dapat berdampak negatif pada kesehatan tulang kita, yang menurut ahli diet kita dapat terjadi dalam beberapa cara berbeda.

“Kekurangan dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang, yang dapat membuat Anda lebih rentan terhadap patah tulang dan cedera,” kata Manaker. (ant/sya/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs