Senin, 20 Mei 2024

Studi: Diet dengan Minyak Zaitun Kurangi Risiko Kematian Akibat Demensia

Laporan oleh Magang Suara Surabaya
Bagikan
Diet Mediterania. Ilustrasi Diet Mediterania. Foto: pixabay

Diet Mediterania yang melibatkan penggunaan biji-bijian utuh, kacang-kacangan, sayuran, ikan, produk susu, dan minyak zaitun telah diketahui dapat mengurangi risiko demensia.

Dikutip dari Antara, Kamis (9/5/2024), sebuah studi baru menyarankan bahwa minyak zaitun, salah satu komponen utama dari diet tersebut, bisa menjadi rahasia di balik manfaatnya.

Demensia adalah gangguan kognitif yang memengaruhi ingatan, pemikiran, dan kemampuan pengambilan keputusan individu. Kondisi ini diperkirakan akan memengaruhi kehidupan 14 juta orang pada tahun 2060, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Adapun menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open, konsumsi harian setidaknya 7 gram minyak zaitun terkait dengan risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit terkait demensia.

Temuan ini ditemukan setelah mengevaluasi database lebih dari 60 ribu wanita dalam Studi Kesehatan Perawat dan lebih dari 31 ribu pria dalam Studi Tindak Lanjut Profesional Kesehatan yang diikuti selama sekitar 30 tahun.

Sementara itu, para peneliti mengkaji pola makan peserta, termasuk jumlah konsumsi harian minyak zaitun.

Lalu, setelah menganalisis penyebab kematian peserta, 4.751 kematian terkait dengan demensia ditemukan. Selama masa tindak lanjut, peserta yang mengonsumsi setengah sendok teh minyak zaitun setiap hari memiliki risiko kematian yang 28 persen lebih rendah akibat penyakit terkait demensia.

“Dalam 2 kohort prospektif besar AS dari pria dan wanita, kami menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi lebih dari 7 gram per hari minyak zaitun, memiliki risiko 28 persen lebih rendah untuk meninggal akibat demensia dibandingkan dengan peserta yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi minyak zaitun, ” tulis para peneliti.

Selain itu, menurut para peneliti, temuan ini memberikan bukti untuk mendukung rekomendasi diet yang menganjurkan penggunaan minyak zaitun dan minyak nabati lainnya sebagai strategi potensial untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan mencegah demensia.

Lebih lanjut, studi mencatat bahwa mereka yang mengonsumsi minyak zaitun setiap hari, menggunakan lebih sedikit mentega, mayones, dan minyak nabati lainnya, yang diyakini memberikan manfaat terkait demensia bagi mereka.

Kemudian, bagi mereka yang mengikuti diet Mediterania dengan menggunakan minyak zaitun, dapat mengurangi peradangan terkait faktor lain yang membantu mereka mengurangi risiko demensia.

“Pada orang dewasa AS, konsumsi minyak zaitun yang lebih tinggi terkait dengan risiko kematian terkait demensia yang lebih rendah, terlepas dari kualitas diet. Di luar kesehatan jantung, temuan ini memperluas rekomendasi diet saat ini untuk memilih minyak zaitun dan minyak nabati lainnya untuk kesehatan terkait kognitif,” tulis para peneliti. (ant/sya/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
31o
Kurs