Kamis, 28 Oktober 2021

One Day One Juz, Ubah Impossible Jadi Possible

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Mengubah yang tak mungkin menjadi mungkin, ungkapan tersebut nampaknya cocok untuk menggambarkan apa dan siapa itu komunitas One Day One Juz (ODOJ).

Seperti namanya, One Day One Juz merupakan komunitas yang terdiri dari sekumpulan orang yang ingin khatam Al-Quran sebulan sekali dengan membaca satu juz setiap hari. Komunitas ini mempertemukan orang-orang dari tempat yang berbeda-beda melalui pesan singkat atau media sosial seperti Whatsapp dan BBM. Mereka saling mengingatkan, menasihati, menjaga semangat, dan tidak ada kepentingan apa pun kecuali Al-Quran.

Yusuf, Koordinator ODOJ Jatim mengatakan dalam pelaksanaannya, para anggota membentuk grup-grup kecil, dimana satu grup terdiri dari 30 anggota.

“Di setiap grup ada satu orang yang merupakan admin, dialah nanti yang mengkooridinir informasi dalam grup tersebut. Misalnya list nama anggota dan juz yang harus dibaca, si A membaca juz satu dan seterusnya sampai sebulan bisa khatam,” jelas dia.

Usai membaca, anggota harus melaporkan via pesan singkat, Whatsapp atau BBM ke grupnya masing-masing. Sementara itu terkait benar-atau tidaknya si anggota membaca juz tersebut, Yusuf mengaku ODOJ memiliki SOP dan bertumpu pada kepercayaan dan komitmen bersama.

Menurut Yusuf, ODOJ ingin membudayakan tilawah sehari satu juz di seluruh lapisan masyarakat muslim di manapun mereka berada. “Jika sudah jadi kebiasaan maka akan lebih mudah memahami dan mengaplikasikan ayat-ayat Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, masih banyak masyarakat yang beranggapan sangat susah mengkhatamkan Al-Quran selama sebulan. Memang susah jika sendiri, namun tersa mudah jika dilakukan bersama,” terangnya saat dihubungi Radio Suara Surabaya.

Di Surabaya sendiri, ODOJ sudah memiliki anggota lebih dari 400 member, mulai dari anak sekolahan sampai mereka yang berusia lanjut. Sedangkan secara nasional, anggota ODOJ sudah mencapai angka ribuan bahkan anggotanya juga ada yang berada diluar negeri seperti di Australia dan Brunei.

Jumlah tersebut aka terus bertambah seiring terus meningkatnya jumlah pendaftar. Adapun segmen member komunitas ini relatif didominasi oleh kalangan muda usia 20-35 tahun. Jika ingin bergabung bisa langsung membuka webnya dan mengikuti prosedur di dalamnya.

Dengan membaca Al-Quran setiap hari, kata Yusuf, kita bisa istiqomah dan melalui ODOJ bisa menambah teman, mengalihkan kegiatan yang sia-sia menjadi lebih bermanfaat, memotivasi diri sendiri dan menambah berkah. Khususnya di bulan Ramadhan ini. (ain/ipg)

Teks Foto: Ilustrasi mengaji Al-Quran

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Kamis, 28 Oktober 2021
27o
Kurs