Sabtu, 20 April 2024

Ini Dia Cara Mengontrol Pengeluaran Selama Ramadhan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi

Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Pada bulan ini, biasanya kita membuat pengaturan khusus di banyak tingkatan termasuk ekonomi.

Berikut adalah tips praktis bagi para ibu rumah tangga untuk membantu mengontrol anggaran belanja dan mengurangi pengeluaran selama bulan suci Ramadhan seperti dikutip dari onislam.net.

Rasionalkan daftar belanja Anda
Beli yang Anda butuhkan. Dan ingat, kita selalu cenderung membeli lebih dari apa yang sebenarnya kita butuhkan.

Tetapkan anggaran
Siapkan daftar belanja berdasarkan anggaran yang Anda tetapkan untuk Ramadhan. Tetaplah pada daftar dan jangan tambahkan barang ekstra apa pun. Belanjalah setahap demi setahap, misalnya produk yang bisa disimpan lebih lama bisa dibeli lebih dulu seperti rempah-rempah dan buah kering. Sementara produk yang mudah busuk harus dibeli setiap minggu, tak ada gunanya membeli dalam jumlah banyak.

Jangan tergoda diskon
Umumnya, supermarket akan berkompetisi memberi promo sehingga kita tergoda untuk membeli lebih banyak. Lebih baik beli apa yang kita butuhkan.

Lihat persediaan
Kita harus menyimpan belanjaan dengan hati-hati, perhatikan tanggal kadaluwarsa agar kita yakin bisa mengkonsumsi barang yang masih layak makan.

Jangan tambah tapi ganti
Gantikan barang-barang belanjaan yang biasa Anda beli adengan barang-barang yang bertema Ramadhan. Umumnya orang-orang menggunakan jenis makanan tertentu di bulan Ramadhan yang tidak mereka konsumsi di bulan lain. Orang-orang akan menghubungkan ini dengan tradisi dan budaya mereka.

Jangan makan di luar
Makanan buatan rumah jauh lebih baik dari segi kesehatan dan keuangan.

Jumlah dan kualitas makanan
Alih-alih memerhatikan jumlah, Anda harus fokus pada kualitas makanan saat menjaga anggaran Ramadhan Anda. Periksa kekayaan dari menu makanan Anda, sedikit kuantitas namun banyak kalori. Dengan demikian, Anda tak perlu merasa terbebani atau merasa begah dan tetap bisa beraktifitas usai berbuka.

Jangan lupa bersedekah
Berapa pun pendapatan anda, Anda harus mengatur anggaran keuangan sehingga Anda dapat memberi pada mereka yang membutuhkan. Ingat saudara-saudara Anda yang miskin terlebih dahulu. Ingat Ramadhan adalah bulan berbagi.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
26o
Kurs