Jumat, 19 April 2024

Puasa, Penderita Diabet Harus Melakukan Beberapa Langkah Ini

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Direktur PDAM Surabaya ketika memberkan sambutan ngabuburit bersama She Radio. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Mengontrol jenis makanan yang sehat merupakan salah satu tips aman bagi anda yang menderita diabetes. Selain itu, obat-obatan diabet sebaiknya juga harus diminum sesaat setelah berbuka.

“Minum obat pas sahur harus dihindari karena resiko gula darah turun jadi lebih besar. Apalagi jika obatnya jenis sulfonylurea harus setelah berbuka diminum,” kata dr Puri Savitri Hanum, SpPd, ahli diabet dari Rumah Sakit Bedah Surabaya, ketika menjadi pembicara di dalam acara Ngabuburit bersama She Radio di aula PDAM Surabaya, Rabu (8/7/2015).

Selama puasa, penderita diabet juga harus menjaga pola makan seperti ketika tidak berpuasa yaitu menghindari makanan yang mengandung unsur gula maupun karbohidrat yang berlebihan. Kalori tetap harus dijaga.

“Tapi kalau gula darahnya sudah di atas 300 sebaiknya jangan puasa,” ujar Puri Savitri. Menu seimbang dengan mempertimbangkan empat sehat lima sempurna juga harus selalu dijaga.

Sementara itu, gelaran ngabuburit bersama She Radio sendiri merupakan yang kedua setelah pekan lalu acara serupa juga digelar di salah satu perusahaan yang ada di kawasan Krian, Sidoarjo.

Sedangkan untuk ngabuburit kali ini digelar di PDAM Surabaya dengan peserta seluruh pegawai perusahaan air minum tersebut.

Mengambil konsep “Ngabuburit office to office”, kegiatan ini memang secara bergantian digelar di beberapa kantor maupun lembaga. Ngabuburit sendiri dilakukan dengan mendatangkan seorang narasumber yang akan memberikan tips seputar kesehatan selama puasa.

Sementara itu Ashari Mardiono, Direktur Utama PDAM Surabaya menyambut baik gelaran ini. “Kami sungguh beruntung karena kedatangan tim dari She Radio, jadi sambil menunggu berbuka sekalian dapat tambahan ilmu pengetahuan tentang kesehatan,” ujarnya. (fik/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs