Selasa, 30 April 2024

Jelang Nyepi, Umat Hindu Gelar Melasti

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Bersembahyang di Pura Agung Jagad Karana. Foto: Totok suarasurabaya.net

Melasti sebagai bagian dari rangkaian persembahyangan dan perayaan Nyepi 2015, dipastikan bakal digelar umat Hindu di Kota Surabaya dan sekitarnya. Sejumlah persiapan Selasa (10/3/2015) dilakukan di Pura Agung Jagad Karana, Surabaya.

“Sebelum perayaan Nyepi ada sejumlah kegiatan atau persembahyangan yang memang wajib digelar dan diikuti oleh seluruh umat Hindu. Melasti adalah bagian penting dari perayaan Nyepi, dan itu juga akan digelar,” terang Ketut Sedana Pemangku Pura Agung Jagad Karana Jl. Ikan Lumba-lumba, Surabaya.

Ditemui sedang mempersiapkan berbagai keperluan untuk Melasti, Ketut Sedana menyampaikan bahwa Melasti adalah penyucian terhadap diri sendiri maupun terhadap seluruh isi bumi sebelum Nyepi dilaksanakan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Melasti di Surabaya diikuti ribuan umat Hindu dari seluruh penjuru Kota Surabaya, dan akan dipusatkan di Pura Agung Jagad Karana. “Koordinasi dengan seluruh pengurus di Surabaya dan Sidoarjo, Gresik sudah kami lakukan,” tambah Ketut Sedana pada suarasurabaya.net.

Termasuk koordinasi dengan Kepolisian juga sudah dilakukan untuk mengamankan pelaksanaan Melasti yang dijadwalkan digelar Minggu (15/3/2015) mendatang tersebut.

“Perarakan dari Pura Agung Jagad Karana menuju kawasan lapangan AAL diikuti seluruh umat. Perlu pengamanan agar tidak mengganggu lalu lintas,” pungkas Ketut Sedana.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs