Selasa, 30 April 2024

Pj Wali Kota Surabaya Target Serapan APBD Minimal 85 Persen

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Nurwiyatno Pj Wali Kota Surabaya saat ditemui wartawan di Gedung Sawunggaling, Selasa (27/10/2015), usai mengambil sumpah dan janji PNS. Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Nurwiyatno Penjabat (Pj) Wali Kota Surabaya menargetkan serapan APBD Surabaya mencapai minimal 85 persen pada akhir tahun 2015.

Meski menarget serapan yang cukup besar, Nurwiyatno tetap berharap realisasinya jauh di atas minimal. Untuk itu dia memanggil dan meminta beberapa SKPD yang dianggap masih memiliki serapan rendah.

“Ada beberapa SKPD yang saya panggil. Dua SKPD. Bisa enggak memacu serapan itu?” ujarnya kepada wartawan usai mengambil sumpah janji PNS, Selasa (27/10/2015).

Salah satu SKPD yang belum optimal dalam serapan anggaran itu adalah Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya.

Nurwiyatno menjelaskan, serapan anggaran Dinas PU Bina Marga dan Pematusan kurang karena masih terhalang pembayaran pembebasan lahan.

“Di daerah Wiyung ada beberapa titik yang belum dibebaskan, jumlahnya lumayan besar. Itu karena harus ada Appraisal baru,” kata Nurwiyatno.

PJ Wali Kota juga mengaku heran dengan adanya proyek-proyek yang sudah dilelang dan memasuki tahap pelaksanaan, namun tiba-tiba warga menolak.

“Pada saat kesepakatan bersama, warga sudah setuju, tapi pada saat pelaksanaan, tiba-tiba warga menolak. Saya juga menanyakan ini, kok bisa?” ujarnya.

Evaluasi serapan anggaran masing-masing SKPD, kata Nurwiyatno, masih terus dilakukan. Hingga Jumat lalu, seluruh serapan anggaran keuangan rata-rata SKPD sudah mencapai 59 persen.

Sedangkan serapan anggaran proyek fisik, menurutnya, sudah ada yang mencapai 70-80 persen. “Itu karena fisik proyek sudah selesai, tapi uangnya belum diambil,” ujarnya. (den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs