Selasa, 30 April 2024

Mencegah Begal dengan Sinyal Bluetooth

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Felix Tanuwijaya mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Universitas Kristen Petra, Surabaya menujukkan sistem pengaman sepeda motor menggunakan sinyal Bluetooth. Foto: Humas Universitas Kristen Petra, Surabaya

Felix Tanuwijaya mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Universitas Kristen Petra, Surabaya merancang sistem pengaman sepeda motor menggunakan sinyal Bluetooth untuk menanggulangi kasus pencurian seperti begal.

Sistem ini menghubungkan bluetooth pada sistem dengan bluetooth telepon selular pengendara sepeda motor. Apabila kedua bluetooth tersebut tidak terkoneksi, maka sepeda motor tidak akan dapat menyala. Demikian apabila koneksi terputus, mesin juga akan otomatis mati beberapa saat setelah koneksi terputus.

”Sistem ini mudah dioperasikan pemilik sepeda motor, namun cukup sulit dibongkar oleh pencuri, sekalipun dibongkar mesin tidak dapat dinyalakan kembali,” urai Felix seperti dalam rilis UK Petra.

Inovasi ini adalah satu dari tiga karya tugas akhir Program Studi Teknik Mesin Universitas Kristen Petra, Surabaya yang dipamerkan di selasar Entrance Hall kampus UK Petra Surabaya, Jumat (21/7/2017).

Dua inovasi lainnya yaitu milik Yusuf Kusuma Hodoanto yang memodifikasi sistem headlamp mobil dengan pergerakan adaptive dan Jonathan Alexander Saputra yang merancang dongkrak dinamis untuk penanganan darurat pada sepeda motor yang mengalami kerusakan ban.

Dengan sistem headlamp mobil dengan pergerakan adaptive, sudut putar lampu mobil disesuaikan oleh input dari setir. Maka akan didapatkan visibilitas yang layak dari kondisi standarnya terutama ketika pengemudi memasuki jalan menikung dan juga dapat mengurangi risiko kecelakaan.

Sementara, prototype dongkrak dinamis di sepeda motor karya Jonathan Alexander Saputra yang diopamerkan ini dirancang dapat menyesuaikan bentuk sepeda motor, khususnya sepeda motor transmisi manual dan desain menggunakan software solidwork. Dongkrak dinamis ini dapat menahan beban hingga 80 kg. (iss/ipg)

Teks Foto:
1. Dongkrak dinamis untuk penanganan darurat pada sepeda motor yang mengalami kerusakan ban karya Jonathan Alexander Saputra.
2. Modifikasi sistem headlamp mobil dengan pergerakan adaptive karya Yusuf Kusuma Hodoanto.
Foto: Humas Universitas Kristen Petra, Surabaya

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs