Selasa, 30 April 2024

Jokowi Mengaku Kesulitan Mencari Peserta Vaksinasi Booster

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Joko Widodo Presiden meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat, di Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP), Kota Blitar, Jawa Timur Selasa (7/9/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden RI mengatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis booster kini kesulitan mencari peserta, padahal hal itu dianjurkan, terlebih belakangan kasus di Indonesia juga kembali menemui kurva peningkatan.

Presiden berharap peningkatan itu tidak terus berlangsung secara signifikan, dan ia mengingatkan masyarakat yang belum menerima vaksinasi booster segera melakukannya.

“Antisipasi kita sudah saya sampaikan juga satu dua bulan yang lalu soal booster. Semuanya booster,” kata Presiden kepada wartawan, Jumat (17/6/2022) seperti dikutip dari Antara.

“Vaksinnya ada, masih puluhan juta, itu segera semuanya. Sekarang ini kita vaksinasi booster cari pesertanya kesulitan,” katanya menambahkan.

Di sisi lain, Presiden mengatakan bahwa meski mengalami peningkatan kasus karena paparan varian Omicron BA.4 dan BA.5, rasio positif dari spesimen harian (positivity rate) Covid-19 masih di bawah standar aman versi Badan Kesehatan Dunia (WHO) yakni 5 persen.

“Tapi apapun, kita harus waspada. Sejak awal meskipun belum naik dulu kan saya juga sudah ngomong, gak sekali, gak dua kali, gak tiga kali. Waspada, waspada, waspada,” katanya.

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan memperkirakan puncak kasus Covid-19 varian Omicron BA.4 dan BA.5 maksimal hanya akan mencapai 25.000 kasus per hari.

Hal itu berkaca dari pengalaman beberapa negara lain yang sudah lebih dulu melewati fase puncak kasus Covid-19 varian BA.4 dan BA.5 yang jumlahnya hanya berkisar sepertiga dari puncak kasus varian Omicron atau Delta.

Di negara-negara lain fase puncak terjadi sekira satu bulan setelah kasus pertama teridentifikasi, sehingga di Indonesia puncak kasus varian BA.4 dan BA.5 diperkirakan terjadi pada pekan ketiga dan keempat Juli 2022.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs