Selasa, 30 April 2024

KBI Ajak Pelaku Usaha Ayam Potong Manfaatkan Sistem Resi Gudang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Peternakan ayam potong di Kemlagi, Mojokerto. Foto: Istimewa

PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) mengajak para pelaku usaha ayam potong untuk memanfaatkan sistem resi gudang yang memiliki banyak keuntungan, untuk menunjang bisnis yang dijalankan.

“Ini juga sebagai persiapan karena berdasarkan data Kementerian Pertanian (Kementan), pada tahun ini diproyeksikan akan mengalami surplus produksi ayam potong sebesar 903.267 ton,” kata Fajar Wibhiyadi Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) dalam keterangan yang diterima Antara, Rabu (21/9/2022).

Berdasarkan data Kementan, produksi daging ayam potong pada tahun 2022 diperkirakan mencapai 4,098 juta ton, terdiri atas 20.000 ton stok awal tahun dan prakiraan produksi selama setahun yang mencapai 4,078 juta ton. Sementara kebutuhan secara nasional tahun ini diperkirakan mencapai 3,195 juta ton saja.

Terkait proyeksi surplus daging ayam tersebut, Fajar mengingatkan ada baiknya para pengusaha ayam potong memanfaatkan resi gudang. Karena dengan instrumen tersebut, para pengusaha dapat menyimpan ayam potongnya dalam bentuk ayam karkas beku.

“Selanjutnya pengusaha dapat menjaminkan resi gudang yang dimiliki untuk mendapatkan pembiayaan dari lembaga pembiayaan. Dengan mekanisme ini, pengusaha ayam potong dapat menjaga keberlangsungan usaha setelah memperoleh pembiayaan,” katanya.

KBI sebagai pusat registrasi resi gudang bersama para pemangku kepentingan di sistemnya, akan terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dan pelaku usaha di perdagangan ayam potong, terkait manfaat pemanfaatan resi gudang.

Nantinya, para pelaku industri ayam potong diharapkan dapat memanfaatkan resi gudang ayam karkas beku sehingga terus meningkat. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs