Selasa, 30 April 2024

Salat Id, Imam Masjid Al Akbar Surabaya Ajak Umat Perkuat Persaudaraan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Suasana ibadah salat Id 1444 Hijriah di dalam Masjid Al Akbar Surabaya, Sabtu (22/4/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Puluhan ribu jemaah berbondong-bondong memadati kawasan masjid Al Akbar Surabaya untuk melaksanakan ibadah salat Idulfitri 1444 Hijriah, Sabtu (22/4/2023).

Pelaksanaan salat kali ini dipimpin KH Abdul Hamid Abdullah Imam Besar Masjid Al Akbar Surabaya. Sedangkan KH Abdullah Syamsul Arifin atau Gus Aab Pengasuh Pondok Pesantren Darul Arifin Jember bertugas sebagai khotib.

Lewat khotbahnya, Gus Aab mengajak seluruh jemaah supaya menjalin dan memperkuat hubungan persaudaraan sesama muslim dan menghindari kebencian agar tidak timbul perpecahan.

“Sikap itu (kebencian) hanya memuaskan setan dan hawa nafsu yang selalu menyuruh kepada keburukan. Kami juga akan dihinggapi rasa lemah dan gentar, sehingga kami tidak akan pernah menjadi umat yang kuat,” katanya.

Tak hanya perpecahan saja, Gus Aab menyebut kebencian juga bakal merubah karakteristik seseorang dari yang awalnya terpuji, menjadi pemarah dan egois.

“Merasa paling benar, akhirnya kami tidak kembali kepada fitrah. Padahal, kami berkumpul melaksanakan Salat Idulfitri agar kembali kepada fitrah,” ucapnya.

Gus Aab menyebut momen Idulfitri kali ini merupakan jalan untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik lagi. Sebab seluruh umat muslim di dunia telah menunaikan kewajiban ibadah puasa Ramadan.

Sementara itu Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur juga hadir untuk melaksanakan salat id di Masjid Al Akbar. Di sana ia menyapa para jemaah dan memberikan sambutan.

“Jamaah idul fitri kami atas nama Pemprov Jatim menyampaikan selamat Idulfitri 1444 Hijriah. Atas nama Pemprov Jatim maupun pribadi, kami menyampaikan mohon maaf lahir dan batin. Semoga seluruh ibadah di bulan Ramadan diterima Allah,” katanya.

Dalam kesemoatan yang sama Helmy M Noor Humas Masjid Al Akbar Surabaya memperkirakan jumlah jamaah yang melaksanakan ibadah salat id mencapai 60 ribu orang.

Menurutnya, animo besar itu didasari pelaksanaan perdana ibadah tanpa adanya pembatasan pasca meredanya Covid-19 maupun pendaftaran secara daring.

“Ini salat id pertama setelah masa PPKM dicabut, kami menyiapkan lantai satu dan dua. Kemudian halaman timur, selatan, dan utara tidak digunakan untuk parkir tetapi untuk jamaah. Tiga area dimaksimalkan, sekitar 60 ribu,” ucapnya.

Pelaksanaan salat id di Masjid Al Akbar Surabaya ini dimulai pada pukul 06.12 WIB dan berakhir sekitar pukul 07.15 WIB.(wld/abd/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs