Senin, 13 Mei 2024

Tambah 85 Kasus Covid-19 di Surabaya Hari Ini, Dinkes Upayakan Tracing dan Masifkan Vaksinasi

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Petugas kesehatan mempersiapkan alat suntik vaksin Covid-19 jenis IndoVac. Foto: Antara

Seiring meningkatnya kasus Covid-19 di Jawa Timur, di mana di Surabaya bertambah 85 kasus hari ini. Dinas Kesehatan Kota Surabaya mengupayakan tracing dan memasifkan vaksinasi.

Berdasarkan data di laman https://lawancovid-19.surabaya.go.id/ per pukul 21.00 WIB, tercatat tambahan 85 kasus Covid-19 hari ini. Sementara kasus pasien aktif ada 138.

Nanik Sukristina Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya menyebut, tetap menjalankan langkah antisipasi lonjakan kasus pascaLebaran.

Terutama tesing maupun tracing kasus Covid-19 dan yang kontak erat.

“Melakukan testing secara masif terhadap sasaran prioritas yaitu suspek, probable, kontak erat dan pelaku perjalanan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Melakukan tracing kasus konfirmasi Covid-19 beserta kontak eratnya secara terintegrasi dalam waktu kurang dari 48 jam. Melakukan karantina bagi kasus konfirmasi beserta kontak eratnya,” bebernya, Rabu (26/4/2023).

Selain itu juga, melaksanakan surveilans aktif pada tiap sekolah selama Pembelajaran Tatap Muka (PTM) diterapkan termasuk perkantoran.

“Mengacu pada Surat Keputusan Bersama 4 (empat) Menteri Republik Indonesia Tahun 2021 yaitu Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri,” tambahnya.

Selain itu, vaksinasi, sambungnya akan digencarkan terutama ke wilayah-wilayah yang belum tervaksin booster satu.

“Koordinasi dengan RS se-Kota Surabaya. Kegiatan vaksinasi Covid-19 terus dimasifkan secara konsisten selama masa pandemi di seluruh puskesmas Kota Surabaya dengan memanfaatkan ketersediaan vaksin yang ada dan sesuai riwayat sasaran vaksinasi Covid-19 baik dosis 1 dan 2 maupun booster 1 dan 2,” tandasnya.(lta/abd/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
32o
Kurs