Minggu, 2 Juni 2024

Hingga Idul Fitri Stok Daging Sapi di Jatim Aman

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Daging Sapi di pasar tradisional Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Berdasarkan hasil pantauan Dinas Peternakan (Disnak) Jawa Timur melalui sejumlah tim serta laporan dari Disnak Kabupaten Kota se Jawa Timur, dipastikan hingga Idul Fitri stok daging sapi aman dan layak konsumsi.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Stok persediaan daging sapi di Jawa Timur hingga Idul Fitri 1435H mendatang cukup dan aman. Demikian juga dengan kelayakannya juga tidak perlu khawatir. Dari sekian razia, tidak kami temukan daging oplosan,” ujar Maskur kepala Dinas Peternakan Jawa Timur.

Terkait maraknya daging sapi oplosan yang terungkap di sejumlah daerah di Indonesia, Maskur menegaskan bahwa hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat sehubungan dengan daging oplosan itu.

“Kami belum menerima adanya laporan daging sapi oplosan dengan daging celeng misalnya. Dari sejumlah sidak yang kami lakukan di pasar-pasar tradisional tidak kami temukan. Pedagang daging sapi sepertinya menyadari bahwa itu berbahaya,” kata Maskur.

Senada dengan itu, drh Yetty Rizal Kasie Kesehatan Veteriner Dinas Peternakan Surabaya juga menegaskan bahwa berdasarkan hasil pemantauan dan penelitian daging sapi di sejumlah pasar tradisional Surabaya tidak ditemukan daging sapi oplosan.

“Kami tidak menerima laporan adanya daging sapi oplosan di pasar tradisional Surabaya. Dan dari uji Eber yang sudah kami lakukan, sampel daging sapi dari pasar-pasar tradisional di Surabaya cukup bagus dan aman dikonsumsi,” tegas drh Yetty Rizal pada suarasurabaya.net, Jumat (18/7/2014).(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 2 Juni 2024
29o
Kurs