Kamis, 16 Mei 2024

Jatim Siap Hadapi ASEAN Economic Community

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Jawa Timur memastikan siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (ASEAN Economic Community – AEC) yang akan dimasuki tahun 2015 mendatang.

Kepastian ini disampaikan Soekarwo Gubernur Jawa Timur, dalam sambutannya di Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Gedung Negara Grahadi, Jumat (2/5/2014).

Menurut Soekarwo, untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Jawa Timur sudah punya program wajib belajar 12 tahun yang sudah mulai diterapkan tahun ini.

Selain itu, Soekarwo juga minta pada masyarakat di Jawa Timur, untuk bisa merubah paradigma dari sekolah umum ke sekolah kejuruan. “Untuk mendukung kesiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, Pemprov Jawa Timur juga sudah menyiapkan 200 SMK mini. SMK itu dibentuk sesuai kebutuhan lokal,” ujar Soekarwo.

Diharapkan pembentukan SMK di Jawa Timur, bisa mencapai 70 persen di 2015, sehingga Jawa Timur benar-benar siap menghadapi AEC atau MEA.

“Pemprov Jawa Timur juga akan mendorong semua sekolah agama di Jawa Timur, untuk siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, diantaranya dengan dukungan anggaran,” papar Soekarwo.

Di akhir sambutannya, Soekarwo Gubernur Jawa Timur juga berpesan pada semua warga Jawa Timur agar tidak meremehkan keberadaan SMK dan D-3 untuk bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Teks Foto :
– Soekarwo Gubernur Jawa Timur waktu jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Gedung Negara Grahadi, Jumat (2/5/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
28o
Kurs