Selasa, 31 Maret 2020

Pajak Mobil Mewah Naik Cuma Bikin Syok Sementara

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Rencana pemerintah menaikkan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) diprediksi sejumlah pelaku bisnis mobil kelas atas di Surabaya hanya akan membuat syok sementara saja bagi penggemar mobil mewah.

“Pasti akan membuat penggemar mobil kelas atas di Surabaya ini kaget. Syok. Dengan kenaikan PPnBM itu. Tetapi berdasarkan pengalaman, itu hanya sementara. Setelah itu akan kembali normal,” terang Hartoyo general manager Hartono Motor penyedia mobil mewah produk Jerman ini.

Ditemui diruang kerjanya, Hartoyo menjamin bahwa pasar mobil kelas atas, atau mobil mewah setelah April nanti pasti akan stagnan. Namun itu hanya sementara saja lantaran nantinya pasar pasti akan kembali bergairah.

“Pembeli mobil-mobil supreme atau mobil high class memang akan berpikir kembali untuk membeli mobil yang diiinginkan. Syok sebentar. Tapi saya percaya mereka pasti beli,” kata Hartoyo pada suarasurabaya.net.

Kalaupun, para penggemar mobil mewah atau calon pembeli mobil mewah ini berhitung untung rugi terkait kenaikan PPnBM tersebut, itu hanya sekedar penundaan sementara saja.

Pada saatnya, lanjut Hartoyo, para calon pembeli mobil mewah ini pasti akan membeli. “Kalau mobil yang dibeli seharga 1 milyar rupiah misalnya, apa mereka tidka mampu bayar pajak yang jumlahnya paling jutaan rupiah saja??” tanya Hartoyo diiringi tawanya.

Senada dengan Hartoyo, pelaku bisnis mobil kelas atas lainnya di Kota Surabaya, Honky Pradito membenarkan bahwa kenaikan PPnBM termasuk untuk mobil mewah tidak lantas menghentikan minat calon pembeli mobil mahal membatalkan niatnya.

“Ada pasar tersendiri memang. Dan kalau kenaikan PPnBM itu akan dilakukan April mendatang, bukan berarti calon pembeli mobil kelas atas itu akan mengurungkan niatnya. Mereka tetap akan membeli,” kata Honky.

Hanya saja, lanjut Honky, para calon pembeli itu kaget dengan perubahan harga mobil-mobil kelas atas incarannya, seiring dengan diberlakukannya kebijakan kenaikan PPnBM tersebut. “Kok kayaknya mobi mewah tetap saja ada pembelinya di Surabaya ini,” jawab Honky Pradito memastikan.(tok)

Teks foto:
-Satu diantara mobil kelas atas yang punya pasar tersendiri.
Foto: gettinlow.com

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Truk Terguling di Karang Pilang

Biasanya Berjubel, Kini Sunyi

Surabaya
Selasa, 31 Maret 2020
27o
Kurs