Kamis, 2 Mei 2024

Pasar Modern Akui Harga Kebutuhan Pokok Naik, Jelang Ramadhan

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Harga barang kebutuhan pokok dipastikan naik jelang Bulan Ramadhan tahun ini.

Ini terlihat dari pantauan di pasar modern yang menyajikan barang dagangannya dengan segmen pasar menengah ke atas.

Eko Haryono Manager Hypermart Ciputra World mengatakan, kenaikan harga barang, sebenarnya tidak langsung terjadi jelang Ramadhan, tapi sudah berlangsung mulai awal Maret lalu. “Naiknya bertahap dan setiap jelang Ramadhan, kenaikannya terkesan signifikan,” ujar Eko, Jumat (6/6/2014).

Menurut Eko, beberapa kenaikan yang sering terjadi setiap jelang Ramadhan, barang kebutuhan pokok seperti tepung, gula dan biskuit. “Kenaikannya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar Rp 300-400 per item, jadi tidak terlalu signifikan,” papar Eko.

Sementara untuk telur, minyak goreng dan beras, harganya juga tidak berubah dari harga sebelum jelang Ramadhan. “Khusus beras dan minyak goreng, cenderung tidak ada kenaikan sampai sekarang,” kata Eko.

Kondisi itu, kata Eko dipengaruhi produksi minyak goreng yang cenderung stabil sehingga harga di pasar tidak sampai naik terlalu signifikan, kondisi itu juga sama dengan harga beras.

Dikatakan Eko, perkiraan harga-harga barang baru akan naik lagi, jelang lebaran, khususnya untuk tepung, gula, biskuit, sementara untuk harga mie instan dan kebutuhan pokok lainnya, cenderung stabil, karena jumlahnya masih sesuai dengan permintaan pasar, sehingga tidak sampai terjadi kelangkaan produk.

Untuk mengantisipasi kenaikan yang terlalu signifikan, supermarketnya selalu menggandeng produsen dan suplier lokal, sehingga harganya bisa ditekan. “Seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, kami lebih banyak menampung hasil dari suplier lokal, sehingga harganya tidak terlalu signifikan kalau harus naik,” pungkasnya. (tas/ipg)

Teks Foto :
– Eko Haryono Manager Hypermart Ciputra World.
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs