Selasa, 25 Juni 2024

Alasan Penyelenggara Jatim Fair Memungut Tiket Pengunjung

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi. Kegiatan Jatim Fair 2013 lalu di Grand City. Foto: jatimfair.com

PT Debindo Mitra Tama, sebagai penyelenggara Jatim Fair 2015, berjanji akan melakukan evaluasi harga tiket masuk Jatim Fair 2015 yang sempat dikeluhkan oleh Sokarwo Gubernur Jawa Timur.

“Tiket Jatim Fair sebenarnya tidak mahal karena hanya Rp10-20 ribu dan pengunjung sudah bisa menikmati apapun gratis mulai konser musik, pameran, serta aneka pagelaran,” kata Dadang M Kushendarman Direktur Utama PT Debindo Mitra Tama, Jumat (9/10/2015).

Sebelumnya, Soekarwo Gubernur Jawa Timur sempat mengeluhkan mahalnya tiket Jatim Fair 2015. Menurut Soekarwo, Jatim Fair digelar sebagai pesta rakyat sehingga harga tiket harusnya bisa lebih murah.

Terkait harga tiket ini, Dadang mengatakan jika harga tiket yang sudah ditetapkan sebenarnya sangatlah murah. Apalagi, selama ajang Jatim Fair 2015, pengunjung juga bisa dimanjakan dengan artis-artis besar seperti Tulus, Kotak, Ari Lasso, Andra and The Backbone, Endank Soekamti, Steven Jam, Tipe-X, Maliq & D`essentials, Naif, Tony Q dan Geisha.

Dadang mengatakan, ide pembuatan Jatim Fair memang berasal dari pihaknya dengan cara mengirimkan proposal ke Pemerintah Jawa Timur.

Di tahun awal penyelenggaraan, Jatim Fair selalu merugi. “Jatim Fair itu mulai balik modal di tahun ke tiga. Saat ini sudah yang ke enam kalinya Jatim Fair,” kata dia.

Meski sudah mulai untung, namun untuk menggelar Jatim Fair tetaplah membutuhkan biaya besar. Apalagi, artis yang didatangkan juga mahal. Dengan menjual tiket inilah, panitia bisa mendapatkan 70 persen dari total seluruh pembiayaan Jatim Fair.

Meski begitu, karena event ini berkaitan dengan hari ulang tahun pemerintah provinsi, PT Debindo tetap menyediakan beberapa tiket gratis. “Ada lima ribu tiket gratis yang kami sediakan,” kata dia.

Selain itu, bagi para PNS, TNI, Polri, serta aneka komunitas juga cukup menunjukkan tanda pengenal maka sudah gratis masuk dan menikmati seluruh acara yang ada di Jatim Fair.

Sekadar diketahui, Jatim Fair 2015 digelar mulai tanggal 8-18 Oktober 2015. Tiket Jatim Fair dibanderol Rp10-20 ribu. (fik/ipg)

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
28o
Kurs